Kisah Nyata: Nenek Selamat Dari Tsunami Aceh Berkat Ular Raksasa

Kisah Nyata: Nenek Selamat Dari Tsunami Aceh Berkat Ular Raksasa Dampaktsunami aceh. foto via dream.co.id

BangsaOnline - Ada sebuah keajaiban saat tsunami menerjang Aceh 10 tahun silam. Memang kisah ini tampak tak masuk akal, namun kisah ini benar-benar terjadi dan nyata. Seorang nenek bisa selamat setelah ditolong oleh seekor ular.

Adalah Ummikasum yang akrap disapa Maksum berkisah saat ia diselamatkan oleh seekor ular. Nenek berprofesi sebagai juru memandikan mayat itu tidak ingat secara persis bagaimana cara dililit sang ular, hingga akhirnya bisa selamat dari hantaman gelombang tsunami setinggi pohon kepala tua.

Mulanya, Minggu pagi hari malapetaka bagi seluruh rakyat Aceh, Maksum sedang asyik menyiram dan membersihkan bunga yang ada di pekarangan rumahnya.

Tiba-tiba sekitar pukul 08.00 WIB, bumi Aceh bergetar, bergoyang ke kiri dan ke nanan. Baru ia sadar ternyata gempa berkekuatan 9,8 SR.

Dia bersama seorang cucu yang masih berusia 5 tahun dalam gendongannya menjauh dari bangunan dan mencari tanah lapang.

"Dulu rumah saya besar dan saya sedang di luar, sedang tanam bunga," kata Maksum dikutip Dream.co.id dari laman Merdeka.com, Kamis 25 Desember 2014.

Saat itu anak keduanya berlarian ke arah Maksum dan mengatakan air laut naik ke darat. Tiba-tiba, air laut benar-benar menerjang Maksum dari belakang.

Letak rumah Maksum dengan bibir pantai hanya berkisar 400 meter. Hingga ia terjatuh dan cucunya dalam gendongan pun terlepas.

Saat itu ia berusaha untuk meraih cucunya, namun derasnya gelombang tidak sebanding dengan kekuatan tangannya yang saat itu berusia 50 tahun. "Sempat saya tarik cucu saya, tetapi kawat yang terpegang, sampai luka ini jari saya," kata dia sambil menunjukkan bekas jarinya yang luka.

Sumber: dream.co.id

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO