Senin, 18 Januari 2021 23:04

​Akses Masuk Blitar Dirazia: Rombongan Pengantin Diminta Balik, Ada Santri Demam Tinggi

Sabtu, 28 Maret 2020 14:42 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Akina Nur Alana
​Akses Masuk Blitar Dirazia: Rombongan Pengantin Diminta Balik, Ada Santri Demam Tinggi
Raziai di titik masuk kabupaten Blitar oleh tim gabugan.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Petugas dari Polres Blitar dan Dinas Perhubungan Kabupaten Blitar melakukan razia kendaraan luar daerah yang akan masuk wilayah Kabupaten Blitar, Sabtu (28/3/2020).

Razia digelar di Desa/Kecamatan Selorejo Kabupaten Blitar yang merupakan gerbang masuk Kabupaten dari sisi Timur. Razia dilakukan sebagai upaya mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19 .

Razia dipimpin Kapolres Blitar AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya dan Kepala Dishub Blitar Toha Mashuri. Selain petugas Dishub dan Kepolisian, puluhan petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar juga dikerahkan dalam razia tersebut.

Seluruh kendaraan yang melintas, utamanya yang bernomor polisi luar Kabupaten Blitar langsung dihentikan. Semua penumpang kemudian dicek suhu tubuhnya, kemudian kendaraanya disemprot cairan disinfektan.

Dalam razia ini, petugas menemukan rombongan santri dari Malang yang akan pulang ke Blitar. Di dalam rombongan ada seorang santri yang sedang mengalami demam tinggi. Saat dicek, suhu tubuhya 38,5 derajat Celsius.

Selain demam tinggi, saat dicek petugas santri tersebut juga terlihat lemas dan matanya merah. Untuk memastikan kondisi santri, petugas mengantarkannya berobat ke Puskesmas Kesamben.

"Jadi upaya-upaya pencegahan terus kita gencarkan. Nah, saat kami melakukan razia tadi ada bus rombongan santri dari pondok pesantren di Malang yang akan pulang ke Blitar. Semuanya kemudian dicek suhu, ternyata ada 1 santri yang demam mencapai 38,5 derajat celcius," ungkap AKBP Fanani.

Selain itu petugas juga menemukan rombongan minibus asal Malang, yang hendak menghadiri acara pernikahan. Mereka diminta putar balik atau kembali ke daerah asalnya.

"Sesuai instruksi presiden, maklumat kapolri jelas dilarang adanya kegiatan pengumpulan massa atau keramaian. Jadi kami minta untuk kembali," tegasnya. (ina/ns)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...