Minggu, 12 Juli 2020 16:51

Terapkan Social Distancing, Kejari Trenggalek Gelar Sidang via Video Conference

Kamis, 26 Maret 2020 21:47 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Herman Subagyo
Terapkan Social Distancing, Kejari Trenggalek Gelar Sidang via Video Conference
Persidangan via Vicon di PN Trenggalek.

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Dalam upaya menerapkan Social Distancing di Kabupaten Trenggalek, Kejaksaan Negeri Trenggalek menggelar persidangan melalui video conference atau biasa disebut electronic court di Pengadilan Negeri Trenggalek, Kamis (26/3).

Kepala Kejaksaan Negeri Trenggalek Lulus Mustofa S.H. melalui Kasi Pidana Umum Fajar Nurhesdi S.H. mengatakan, mulai hari ini Kejari Trenggalek menggelar persidangan secara video conference di Pengadilan Negeri Trenggalek.

"Hari ini, setelah kami koordinasi dengan mitra kami dalam hal ini Pengadilan Negeri Trenggalek maupun Rutan Trenggalek, akhirnya persidangan melalui video conference (vicon), melalui aplikasi zoom dapat kami laksanakan dengan lancar," kata Fajar, Kamis (26/3).

Meski demikian, Fajar menyebut dalam persidangan Vicon tadi, terdapat sedikit hambatan, terutama pada sinyal sehingga terjadi delay suara.

Dikatakan oleh Fajar, dalam persidangan Vicon ini, terdakwa tidak dihadirkan di ruang persidangan. Di ruang sidang hanya terdapat para hakim, jaksa penuntut umum (JPU), dan penasehat hukum.

Sementara terdakwa, kata Fajar lebih lanjut, cukup menjalani proses persidangan dari Rumah Tahanan (Rutan) Trenggalek, namun didampingi oleh petugas pengawal tahanan dari Kejaksaan.

Ia juga menerangkan dalam sidang vicon ini, pihak Kejari Trenggalek berhasil menyidangkan 16 terdakwa, dengan agenda mulai dari pembacaan surat dakwaan, pemeriksaan ahli maupun tuntutan, dan putusan.

Fajar menyebut persidangan secara vicon ini merupakan langkah dari Kejari Trenggalek dalam upaya menerapkan imbauan pemerintah pusat tentang social distancing atau jaga jarak.

Selain itu, pelaksanaan sidang vicon ini didasarkan pada instruksi Jaksa Agung yang disampaikan melalui vicon pada tangal 24 Maret 2020 bersama seluruh Kepala Kejaksaan Tinggi se-Indonesia. (man/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Jumat, 10 Juli 2020 21:04 WIB
Oleh: Ibnu Rusydi Sahara*“Sampean dari Surabaya?” Teman saya kerap menerima pertanyaan itu, manakala turun dari bus antarkota yang membawanya dari Surabaya di beberapa kota di Jawa Timur. Yang bertanya tukang ojek. Yang biasa mangkal di sep...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Sabtu, 11 Juli 2020 01:28 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...