Pemkot Surabaya Siapkan 130 Ruang Isolasi bagi ODP dan PDP

Pemkot Surabaya Siapkan 130 Ruang Isolasi bagi ODP dan PDP Koordinator Protokol Kesehatan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya, Febria Rachmanita. foto: YUDI A/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemkot sedang menyiapkan 100 ruang isolasi bagi orang dalam pemantauan (ODP) dan 30 ruang isolasi bagi pasien dengan pengawasan (PDP).

Koordinator Protokol Kesehatan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 , Febria Rachmanita mengatakan, selain masif melakukan penyemprotan disinfektan, pembagian hand sanitizer gratis, dan pemasangan bilik sterilisasi, Pemkot juga menyiapkan ruang isolasi bagi ODP dan PDP.

“Kalau kemarinnya kita hanya menyiapkan ruang isolasi bagi ODP, tapi sekarang kita siapkan juga ruang isolasi bagi PDP. 100 ruang isolasi bagi ODP dan 30 ruang isolasi bagi PDP. Ini gedungnya beda, bukan satu lokasi,” kata Feny, sapaan Febria Rachmanita, Rabu (25/3).

Menurut Feny, 130 ruang isolasi itu sudah siap semuanya, hanya tinggal menambahi beberapa fasilitas di dalamnya. Ia juga memastikan bahwa tim medis juga sudah dipersiapkan untuk merawat warga yang akan diisolasi itu. “Jadi, kita sudah persiapkan semuanya,” kata dia.

Selain ruang isolasi yang disiapkan pemkot, Feny juga menjelaskan bahwa sekitar 15 rumah sakit rujukan di juga menyiapkan ruang isolasi khusus. Masing-masing rumah sakit memiliki satu hingga dua ruang isolasi dan ruang isolasi ini hanya dikhususkan bagi PDP.

“Paling banyak (ruang isolasi) berada RSU dr. Soetomo ada 8. Kalau di RSUD BDH (Bhakti Dharma Husada) ada 1, sedangkan RSUD Soewandhie ada 2. Tetapi kemarin RSUD Soewandhie direnovasi, jadi selesainya minggu depan,” ungkapnya.

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO