Sabtu, 06 Juni 2020 20:15

Pangarmada II Pantau Pemeriksaan Kesehatan di Penjagaan Utama DBAL

Selasa, 24 Maret 2020 17:49 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Devi Fitri
Pangarmada II Pantau Pemeriksaan Kesehatan di Penjagaan Utama DBAL
Para Prajurit sedang diperiksa oleh Tim Medis Koarmada II.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dengan semakin meratanya penyebaran Covid-19 di Indonesia, bahkan di dunia, Panglima Koarmada II, Laksda TNI Heru Kusmanto, hari ini (Selasa, 24/3) kembali turun ke lapangan.

Hal itu dilakukan untuk memastikan tindakan pemeriksaan kesehatan di penjagaan utama DBAL (Daerah Basis Angkatan Laut) dipatuhi dan dilaksanakan sungguh-sungguh oleh seluruh anggota.

Berdasarkan hasil pantauan di lapangan, bahkan, Laksda Heru sendiri tampak mengikuti prosedur pemeriksaan.

Menurut orang nomor satu di Koarmada II ini, pengecekan suhu tubuh dan penyemprotan disinfektan merupakan sebagian dari upaya pencegahan dini penyebaran Covid-19 di lingkungan Koarmada II.

“Sesuai perintah Panglima TNI dan Kasal, kita sudah memberlakukan Work From Home dengan sistem dibagi dua gelombang. Masing-masing gelombang dilaksanakan selama 14 hari. Selama masa pencegahan virus corona ini akses masuk bagi mitra TNI AL akan dibatasi,” terang Laksda Heru usai melaksanakan pemeriksaan.

Heru lantas menambahkan, meski WFH telah berlaku namun aktivitas di Koarmada II tetap berjalan normal.

“Para prajurit dan PNS bekerja secara online dan tetap siap bilamana sewaktu-waktu dipanggil ke kantor karena ada kepentingan mendesak. Sedangkan yang berada di kantor, tetap bekerja normal dengan memerhatikan imbauan pemerintah yakni menjaga physical distancing dengan jarak minimal 1-2 meter, rajin cuci tangan dengan air dan sabun atau antiseptik, juga etika saat batuk maupun bersin,” terang Heru.

Heru berharap jika seluruh perintah dilaksanakan dengan baik atas kesadaran sendiri serta rasa ikhlas, niscaya para prajurit dapat terhindar dari Covid-19. 

“Karenanya, imbauan tersebut juga harus diikuti dengan pola hidup sehat. Jangan lupa keluarga dirumah juga diberitahu agar jangan keluar rumah jika tidak ada keperluan yang sangat mendesak,” pungkasnya.

Teknis pemeriksaan dilakukan dengan cara, seluruh prajurit dan PNS yang mengendarai kendaraan roda empat dan roda dua lebih dulu diperiksa suhu tubuhnya. Setelah itu mereka wajib turun dari kendaraan, karena kendaraan dan pengemudi serta penumpang akan disemprot dengan disinfektan. Prosedur ini juga berlaku bagi prajurit yang berjalan kaki melewati Pos Candi.

Apabila dalam pemeriksaan ditemukan personel yang suhu tubuhnya diatas normal, akan segera dibawa ke posko Covid-19 di Rumkital dr. Idris P. Siregar guna pemeriksaan lebih lanjut. (dev/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Selasa, 02 Juni 2020 23:45 WIB
Oleh: M. Cholil NafisItulah kemudahan ajaran Islam. Kalau bisa dipermudah mengapa dipersulit, (yassiru wa la tu’assiru). Demikian prinsip ajaran Islam yang beradaptasi dengan kondisi dan zaman. Begitu juga soal pelaksanaan ibadah haji yang meny...
Minggu, 31 Mei 2020 18:02 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 03 Juni 2020 11:08 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <...