Senin, 21 September 2020 03:06

Wabup Qosim Ajak Guru di Bawean Aktif Edukasi Pencegahan Corona

Rabu, 18 Maret 2020 22:49 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
Wabup Qosim Ajak Guru di Bawean Aktif Edukasi Pencegahan Corona
Wabup Qosim saat meninjau sekolah di Sangkapura yang menerapkan sistim belajar dalam jaringan (daring) pasca merebaknya virus Corona. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Wakil Bupati Gresik, Moh. Qosim mengajak seluruh jajaran di lingkungan Dinas Pendidikan di Kecamatan Tambak dan Sangkapura, Pulau Bawean untuk bersama-sama mengantisipasi penyebaran Virus Corona (Covid-19).

Hal ini diungkapkan Wabup, saat meninjau SMP Negeri 7 Gresik di Sangkapura, Bawean, Rabu (18/3).

Saat ini, Kabupaten Gresik sendiri sudah menerapkan kebijakan belajar di rumah untuk mencegah penyebaran Corona. Pihak sekolah diminta menyiapkan upaya agar proses belajar tetap berjalan optimal.

Di sekolah, sistem pembelajaran dan juga latihan soal untuk persiapan ujian dilakukan dengan cara menyiapkan materi pembelajaran dan pengiriman lewat jaringan server di sekolah.

Kemudian siswa bisa mengunduh bahan materi pembelajaran dari rumah melalui akun google drive yang disiapkan pihak sekolah.

Siswa selanjutnya dapat mengerjakan soal yang telah diberikan. Setelah selesai mengerjakan, para siswa mengirimkan hasil jawaban kepada masing-masing guru mata pelajaran dan kemudian dikoreksi. "Hasil nilai dapat langsung direkap oleh pihak sekolah," jelasnya.

Wabup mengakui merebaknya virus Covid-19 sangat berpengaruh pada sejumlah aktivitas, salah satunya sektor pendidikan. Banyak sekolah di Kabupaten Gresik yang meliburkan aktivitasnya dan menggantikan dengan kegiatan belajar di rumah.

"Di tengah kondisi merebaknya Corona seperti saat ini, memang berdampak pada berbagai sektor, salah satunya sektor pendidikan. Namun di sisi lain, kita juga harus mempunyai langkah dan strategi untuk mengantisipasi agar tidak berdampak terlalu besar. Seperti yang dilakukan oleh SMP Negeri 7 Gresik misalnya. Sudah menerapkan kebijakan yang ada. Proses pembelajaran hingga penilaian juga dilakukan terpisah dan dengan sistem online," terangnya.

Untuk itu, wabup meminta kepada jajaran kepala sekolah hingga para guru untuk tetap melakukan pengawasan terhadap para siswanya.

Mereka juga diminta untuk aktif memberikan penjelasan dan edukasi terhadap wabah Corona dan juga cara pencegahannya. "Para kepala sekolah dan guru juga kami minta aktif memberikan edukasi dan pengawasan terhadap para siswanya. Yang terpenting menerapkan pola pencegahan seperti yang disosialisasikan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik," pungkasnya. (hud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...