Launching Sentra Industri Kreatif Diapresiasi Pelaku Usaha Disabilitas Kediri

Launching Sentra Industri Kreatif Diapresiasi Pelaku Usaha Disabilitas Kediri Umi Salamah saat memberi keterangan kepada wartawan.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Di Kabupaten Kediri, pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) secara keseluruhan sudah mencapai 6.000. Mereka menyebar di seluruh pelosok Kabupaten Kediri dengan berbagai usaha. Oleh karena itu, Pemkab Kediri akan terus membuat wadah bagi pelaku UMKM untuk memasarkan hasil usahanya.

Salah satu wadah bagi pelaku UMKM untuk memasarkan barang dagangannya adalah dengan dibukanya Galeri Sentra Industri Kreatif (SIK) Kabupaten Kediri. 

"Sebetulnya bangunan ini sudah lama dan direncanakan memang untuk wadah bagi pelaku UMKM agar bisa berjualan di sini. Jadi ini kepentingannya adalah untuk para usaha kecil menengah supaya bisa berjualan di sini dan teknisnya setelah pembukaan ini bagaimana, pokok dirunding yang baik," kata Bupati Kediri Hj Haryanti Sutrisno saat me-launching Sentra Industri Kreatif di Galeri Sentra Industri Kreatif (SIK) di Jalan Raya Kediri-Kertosono, Desa/Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri, Jumat (13/3).

Dari ribuan pelaku UMKM itu, ternyata ada yang datang dari Perkumpulan Disabilitas Kabupaten Kediri (PDKK). Mereka dengan gigih terus berusaha tidak mau kalah dengan teman-temannya yang normal.

Umi Salamah, salah satu pelaku UMKM dari PDKK mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan pameran UMKM yang diadakan Pemerintah Kabupaten Kediri ini, apalagi teman-teman disabilitas dilibatkan secara penuh. 

"Kami sadar, dari satu sisi kami memang ada kekurangan, tapi kami bangga dan berterima kasih kepada Ibu Bupati Kediri yang terus mensupport kelompok kami untuk terus berkarya dengan berwiraswasta, sehingga kami dapat menghasilkan pendapatan sendiri," katanya.

Menurut Umi, jumlah disabilitas yang berperan di UMKM ada sekitar 200 orang dan diharapkan akan terus terlahir pengusaha kreatif dari 4.000 penyandang disabilitas di Kabupaten Kediri ini, yang dibantu dan di-support oleh Pemkab Kediri melalui beberapa pelatihan yang dilakukan oleh dinas terkait, terutama Dinas Sosial.

"Perkumpulan Disabilitas Kabupaten Kediri Kabupaten Kediri merupakan bagian dari masyarakat Kabupaten Kediri dan bangsa Indonesia. PDKK pun berhak dan wajib untuk ikut membangun bangsa, khusus di Kabupaten Kediri dengan terus berkiprah sebagai bagian pelaku UMKM," pungkas Umi Salamah yang juga Ketua PDKK. (uji/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO