Selasa, 01 Desember 2020 09:07

Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak di Tuban Baru 20 Persen

Jumat, 06 Maret 2020 16:32 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Gunawan Wihandono
Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak di Tuban Baru 20 Persen
Apresiasi kepada wajib pajak di Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Tingkat kepatuhan wajib pajak masyarakat Tuban terbilang masih sangat rendah. Tercatat, sebanyak 111 ribu wajib pajak baik perorangan maupun berbentuk badan terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tuban. Namun, hingga saat ini, baru sekitar 20 persen yang telah melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT).

Untuk itu, Bupati Tuban Fathul Huda mengimbau kepada masyarakat agar taat dalam melaporkan SPT Tahunan. Sebab, pajak merupakan sumber pendapatan utama negara yang nantinya akan kembali dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat.

"Manfaat yang didapat dari pajak ini sangat luar biasa, mulai dari bidang pendidikan, kesehatan, sampai infrastruktur. Semua dibiayai oleh pajak yang kita bayar," kata Bupati Tuban, Fathul Huda kepada BANGSAONLINE.com, Jumat (6/3).

Bupati dua periode itu prihatin dengan rendahnya tingkat kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak. Untuk itu, dirinya menekankan bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) agar lebih aktif dalam pelaporan SPT Tahunan sebelum masa waktu berakhir.

Selain itu, ia berharap ASN juga bisa mengedukasi masyarakat dan menjadi panutan bagi wajib pajak lainnya untuk lebih patuh membayar pajak.

"Saya prihatin, karena yang rajin melaporkan SPT tahunan baru 20 persen. Pemimpin harus menjadi panutan bagi masyarakat," tuturnya.

Senada dengan bupati, Kepala Kantor Wilayah DJP Jatim II, Lusiana mengatakan peran serta aparatur Pemkab Tuban sangat penting dalam memberikan upaya penyadaran akan pajak kepada masyarakat.

"Target kita di tahun ini mencapai Rp 25,5 triliun, sampai saat ini baru terealisasi Rp 11,61 triliun. Semoga wajib pajak di Tuban ini seluruhnya melaporkan SPT tahunannya," harap Lusiana.

Sementara itu, Kepala KPP Pratama Tuban, Eko Radnadi mengatakan, jumlah keseluruhan wajib pajak yang terdaftar di KPP Pratama Tuban sebanyak 111 ribu. Dengan rincian sekitar 80 ribu perorangan dan selebihnya berbentuk badan. Sedangkan ASN dan karyawan sekitar 20 ribu orang.

Adapun target penerimaan dari pajak tahun 2020 ini sekitar Rp 700 Miliar. Meningkat 10 persen dari tahun sebelumnya, yakni sekitar Rp 600 miliar. Berbagai upaya telah dilakukan KPP Pratama Tuban dalam menyosialisasikan kepada wajib pajak.

"Kita tidak ada hentinya memberikan penyadaran kepada masyarakat. Upaya sosialisasi terus kita lakukan," tutupnya. (gun)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 20 November 2020 22:13 WIB
SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Berbicara tentang destinasi wisata di Kabupaten Sumenep memang tak pernah sepi. Selain memiliki sejumlah tempat wisata religi dan budaya, kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Madura ini juga memiliki segudang destina...
Sabtu, 28 November 2020 22:34 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Nahdlatul Ulama (NU) punya khasanah (bahasa) baru: Neo Khawarij NU. Istilah seram ini diintroduksi KH Imam Jazuli, LC, MA, untuk mestigmatisasi kelompok kritis NU: Komite Khittah Nahdlatul Ulama (KKNU). Khawarij ...
Sabtu, 28 November 2020 15:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Sabtu, 28 November 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...