Tanamkan Jiwa Wirausaha bagi WBP, Lapas Tuban Gelar Pelatihan Keterampilan

Tanamkan Jiwa Wirausaha bagi WBP, Lapas Tuban Gelar Pelatihan Keterampilan Penandatanganan kerja sama pelatihan antara Lapas dan BLK Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Lapas Kelas IIB Tuban bersama Badan Latihan Kerja (BLK) membuka pelatihan kemandirian bagi para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di aula Lapas setempat, Senin (2/3).

Pelatihan itu diikuti sebanyak 120 WBP, dibagi menjadi 6 bidang keahlian, seperti menjahit, laundry, tata boga, mengelas, mebeler, dan servis AC.

"Dari hasil seleksi internal diperoleh 120 WBP untuk diikutkan pelatihan ini. Dalam setiap bidang kegiatan diikuti sebanyak 20 WBP," ujar Kalapas Kelas IIB Tuban, Siswarno.

Siswarno mengatakan, pelatihan kemandirian bagi para WBP merupakan bentuk implementasi dari resolusi pemasyarakatan yang dicanangkan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) RI untuk seluruh lapas se-Indonesia.

Selain itu, adanya kegiatan pelatihan kerja tersebut juga untuk menumbuhkan jiwa wirausaha baru, khususnya bagi mantan narapidana, agar setelah selesai menjalani masa tahanan tidak kembali melakukan kegiatan melanggar hukum.

"Semoga dengan bekal keterampilan yang didapat di dalam lapas, bisa menjadi bekal WBP saat sudah keluar dari lapas untuk membuka lapangan usaha sendiri," harapnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO