Harga Kentang di Tingkat Petani Turun Drastis

Harga Kentang di Tingkat Petani Turun Drastis Petani kentang di Probolinggo saat panen.

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Petani kentang di daerah Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo kelimpungan. Pasalnya, harga kentang di tingkat petani mengalami penurunan drastis.

Bahkan turunnya harga hingga mencapai Rp 7.000/kg. “Itu harga di tingkat petani,” ujar seorang petani, Suparman, Jumat (28/2).

Menurut dia, faktor musim hujan sangat berpengaruh. Pada bulan Januari 2020 kemarin, harga kentang di tingkat petani mencapai Rp 12.000/kg. “Salah satu yang menjadi faktor penyebabnya karena musim hujan,” tandasnya.

Melihat kondisi turunnya harga tersebut, para petani tidak bisa berbuat apa-apa. Mereka hanya bisa menunggu keajaiban datang bagaimana supaya harga kentang kembali normal. Terutama di tingkat petani.

Sementara itu, pantauan harga di lapangan, harga kentang di pasaran justru sebesar Rp 14.000/kg. Seperti di pasar Baru Kota Probolinggo. Harga tersebut berada di tingkat konsumen.

“Sejak tanggal 28 Februari 2020 harga kentang sebesar Rp 14.000/kg,” ujar Kepala UPT Pasar Kota Probolinggo, M. Arif Billah kepada wartawan.

Berdasarkan data, harga sejumlah produk komuditi di pasaran mengalami penurunan dan kenaikan. Hal itu terjadi karena disebabkan terjadinya hukum pasar. (prb1)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO