Sabtu, 04 April 2020 21:31

Banjir di Awal Tahun 2020, Lima Dusun Kecamatan Arosbaya Terendam Luapan Air Sungai

Rabu, 26 Februari 2020 13:54 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Subaidah
Banjir di Awal Tahun 2020, Lima Dusun Kecamatan Arosbaya Terendam Luapan Air Sungai
Kepala BPBD Bangkalan Rizal Morris bersama Kapolres dan Dandim Bangkalan turun ke Dusun Morlorong, salah satu wilayah terdampak banjir.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Hujan deras dan air kiriman dari Kecamatan Geger Kabupaten Bangkalan menyebabkan lima dusun di Arosbaya terendam banjir.

"Banjir terjadi sejak jam 3 malam tadi. Ada 5 dusun yang terdampak. Di antaranya, Dusun Renggujeng, Morlorong, Seggeren, Bunalas dan Ngantemoran. Sedangkan ketinggian airnya mencapai 50 hingga 70 centimeter," jelas Suhardi, Kepala Desa Arosbaya, Rabu (26/2/20).

Mahrus, Camat Arosbaya juga mengatakan banjir yang terjadi di wilayahnya kali ini disebabkan air kiriman dari Kecamatan Geger.

"Sebenarnya, kalau di Arosbaya sendiri kemarin hujannya tidak begitu deras. Hanya saja air kiriman dari Geger tinggi dan datang ketika air pasang. Sehingga terjadilah banjir dari luapan sungai ini," jelasnya.

Mahrus mengatakan, dalam waktu dekat untuk mengantisipasi banjir, pihaknya akan melakukan pembangunan gorong-gorong di sekitar sungai, dengan tujuan air yang masuk dapat mengalir dengan cepat dan lancar sehingga meminimalisir adanya banjir.

Hingga saat ini, belum ada kerusakan material maupun penyakit yang dialami warga karena banjir. Untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan Puskesmas Arosbaya maupun Puskesmas Tongguh untuk mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan.

"Mudah-mudahan nanti dengan adanya gorong-gorong bisa memperlancar aliran air. Dan kami akan terus berkoordinasi dengan lintas sektoral untuk mempersiapkan posko bencana ketika bencana dating," ujarnya.

Kepala BPBD Bangkalan Rizal Morris bersama Kapolres Bangkalan dan Dandim telah turun ke lapangan untuk meninjau banjir di Dusun Morlorong. Menurut Rizal, banjir yang terjadi di Arosbaya ini berlevel waspada.

"Alat yang sudah kita pasang, sudah bunyi, karena air sudah naik. Jadi Alhamdulillah aktivitas perekonomian pasar tidak terpengaruh," ujarnya.

"Karena dampak yang paling parah dialami oleh warga yang berada di dekat bantaran sungai di belakang balai desa. Sehingga waspada banjir susulan perlu menjadi perhatian," ujarnya.

Sementara Kapolres Bangkalan AKBP Rama Samtama Putra bersyukur karena air yang masuk ke pemukiman warga juga sudah mulai surut, serta air kiriman dari Geger juga sudah mulai surut.

"Mudah-mudahan tidak ada hujan dan kiriman air lagi. Sehingga yang dikhawatirkan tidak terjadi. Seandainya terjadi pun, hari ini kita sudah mempersiapkan posko tanggap darurat dan semoga saja itu tidak digunakan karena banjir tidak membahayakan," pungkasnya. (ida/uzi/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...