Dua Kecamatan di Bangkalan Terendam Banjir, Pompa Berkekuatan 250 Liter per Detik Dikerahkan

Dua Kecamatan di Bangkalan Terendam Banjir, Pompa Berkekuatan 250 Liter per Detik Dikerahkan Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono saat meninjau lokasi banjir di Bangkalan menggunakan perahu karet.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) turun tangan menangani banjir yang merendam pemukiman warga di 2 kecamatan di Kabupaten Bangkalan. Pompa berkekuatan 250 liter per detik dikerahkan untuk mengurangi debit air di wilayah terdampak.

Pj Gubernur Jatim saat meninjau lokasi banjir di Bangkalan mengungkapkan bahwa pihaknya sudah mengerahkan tim BPBD untuk membantu mengatasi luapan air yang menggenangi rumah warga dalam 2 hari terakhir.

"Curah hujan yang cukup tinggi dalam beberapa hari terakhir membuat debit air meningkat. Akibat arus sungai meluap, menggenangi pemukiman warga. Pompa berkekuatan 250 liter per detik dari BPBD Jatim sudah dikerahkan," ungkapnya, Rabu (13/3/2024).

Dalam kesempatan itu, Pj Gubernur Adhy didampingi kepala pelaksana BPBD dan meninjau permukiman warga menggunakan perahu karet. Dapur umum dan posko sudah didirikan untuk memberikan bantuan pada warga terdampak.

Tidak hanya di Bangkalan, lanjut Adhy, banjir juga melanda beberapa kabupaten di Jatim. Di antaranya Sampang, Pamekasan, Bojonegoro, Mojokerto, dan Probolinggo.

"Khusus di Blega Bangkalan, ke depan akan kami lakukan pelebaran dan pengerukan pada sungai. Supaya bisa menangani banjir yang tiap tahun melanda," ujarnya.

Sementara , Arief M. Edie, mengatakan ada 2 kecamatan yang masih tergenang air, yakni Blega dan Arosbaya. Banjir di kedua wilayah itu, disebabkan curah hujan yang tinggi dalam 3 hari terakhir.

"Banjir di Arosbaya dan Blega ini kiriman dari wilayah dataran tinggi yang bersamaan dengan air pasang. Posko tanggap bencana dan dapur umum sudah didirikan 2 lokasi itu," katanya.

Arief menyadari bahwa struktur aliran sungai yang dimiliki memang belum cukup memadai. Pembenahan untuk penanganan jangka panjang sudah direncanakan ke depannya.

"Provinsi sudah menyediakan anggaran untuk memperluas arus induk sungai yang menuju ke arah laut. Jika itu terealisasikan, kemungkinan besar luapan air bisa ditangani," tutupnya. (fat/uzi/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO