Aplikasi Berbasis Online Permudah Masyarakat Dapatkan Pelayanan Kependudukan

Aplikasi Berbasis Online Permudah Masyarakat Dapatkan Pelayanan Kependudukan M. Imron, Kepala Dispendukcapil Kota Mojokerto.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Program aplikasi berbasis online pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Mojokerto sangat membantu masyarakat dalam mendapatkan layanan kependudukan di Gedung GMSC Kota Mojokerto.

Aplikasi online tersebut, meliputi beberapa pelayanan yang bisa diakses langsung dengan memakai aplikasi bebas. Aplikasi ini bisa diaplikasi langsung oleh masyarakat dengan meng-upload semua persyaratan yang ada di situ.

Seperti akta kelahiran, kemudian beberapa kebutuhan masyarakat yang lain. “Yang penting semua persyaratan diupload kemudian nanti mendapatkan notifikasi. Masyarakat tinggal ambil di loket yang tersedia di Dinas Kependudukan GMSC,” ujar Muhamad Imron, Kepala Dispendukcapil Kota Mojokerto, Rabu 26 Februari 2020.

Lebih lanjut imron menjelaskan, Dispendukcapil sudah bekerja sama dengan fasilitas kesehatan di seluruh kota Mojokerto. Setiap bayi yang baru lahir pada hari itu, dari petugas Faskes yang ada meng-upload semua persyaratan, termasuk membawa asli KK yang bersangkutan, setelah itu petugas akan memberikan notifikasi persyaratan lengkap,

Kemudian langsung dicetak. Yang bersangkutan langsung diberikan tiga produk KK, dari KK yang lama belum ada bayi yang lahir kemudian dengan dimasukkan pagi itu di dalam KK yang baru.

Kedua akte kelahiran, kemudian yang ketiga, kartu Identitas Anak termasuk juga pemberian NIK terhadap bayi yang baru lahir tersebut sehingga di hari itu, siang sudah bisa diantar ke rumah sakit di mana yang bersangkutan.

“Sebelum pulang ke rumah, dia sudah mendapatkan tiga dokumen yang telah diterbitkan seperti itu. Aplikasi online yang dinamakan Gemilang. Rata-rata tiga puluh sampai empat puluh persen bayi lahir di kota Mojokerto memasukkan datanya melalui online ini. Tentu, kami memberikan pelayanan yang sebaik baiknya, kepada seluruh warga kota dan sekitarnya," jelasnya. (ris/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pastikan Harga Stabil Jelang Idul Adha, Wali Kota Mojokerto Sidak Pasar Hewan dan Bahan Pangan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO