Tepi Kali Lamong Ditanami 25 Ribu Rumput Vetiver

Tepi Kali Lamong Ditanami 25 Ribu Rumput Vetiver Bupati Sambari, Dandim Budi, dan Danrem Sudaryanto saat tanam rumput vetiver di tepi Kali Lamong. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati Gresik Sambari Halim Radianto, Danrem 084 Bhaskara Jaya Kolonel Infantri Sudaryanto, dan Dandim 0817 Gresik Letkol Inf. Budi Handoko melakukan penanaman 25 ribu bibit rumput vetiver di bantaran Kali Lamong Gresik, tepatnya di Desa Morowudi Kecamatan Cerme, dan Desa Boboh Kecamatan Menganti, Minggu (23/2) pagi.

Bupati menyampaikan terima kasih kepada Danrem Bhaskara Jaya dan Dandim Gresik, juga kepada semua pihak yang hadir dan membantu TNI dalam penanaman rumput vetiver.

"Saya sudah menyampaikan kepada Kepala Dinas Pertanian untuk meneliti lebih jauh prospek dan manfaat rumput vetiver ini. Semoga rumput vetiver ini bisa tumbuh baik dan bermanfaat untuk masyarakat. Terutama dapat menahan longsor sehingga tidak terjadi sedimentasi," katanya.

Dalam kesempatan ini, bupati juga menyampaikan program penanganan banjir Kali Lamong yang akan segera dimulai pada tahun 2020 ini. Pihaknya telah menganggarkan dana hingga Rp 50 miliar untuk penanganan banjir Kali Lamong.

"Untuk tahun berikutnya, yaitu tahun 2021, kami akan anggarkan sesuai kebutuhan. Nantinya akan kita rundingkan dengan berbagai pihak yang berwenang," jelasnya.

Dikatakan Sambari, Pemkab Gresik terus berkoordinasi dengan Pemprov Jatim untuk mensterilkan dan membebaskan lahan bantaran sungai Kali Lamong ini. "Lahan-lahan tersebut masih banyak dikuasai warga," ungkapnya.

Sementara Danrem 084 Bhaskara Jaya 084/BJ Kolonel Inf. Sudaryanto, S.E. mengatakan, penanaman rumput vetiver di bantaran Kali Lamong merupakan tindak lanjut kegiatan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Pangdam V/Brawijaya.

Hal ini sebagai tindak lanjut dari Perintah Presiden RI Bapak Joko Widodo beberapa bulan lalu. "Tanaman rumput vetiver/akar wangi ini diharapkan mampu mencegah bencana alam seperti tanah longsor, erosi tanah, dan banjir, terutama di lahan sepanjang bantaran Kali Lamong, karena akar rumput ini sangat kuat dan baik. Vetiver untuk menjaga kestabilan serta kontruksi lapisan tanah karena memiliki akar yang bisa menembus hingga kedalaman 6 meter," katanya. (hud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO