Jumat, 14 Agustus 2020 14:42

Prihatin Banjir, Siswa Smamda Ciptakan Pintu Air Otomatis

Rabu, 19 Februari 2020 13:19 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Mustain
Prihatin Banjir, Siswa Smamda Ciptakan Pintu Air Otomatis
INOVATIF: Siswa Smamda menunjukkan alat pintu air otomatis di gedung Smamda, Rabu (19/2). foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE.com

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Banjir yang kerap melanda akibat meluapnya air bendungan dan sungai mengilhami siswa SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo (Smamda) menciptakan sistem pembuka pintu air otomatis.

Alat bernama Sarmodac (Smart Control and Monitoring Dam Activity) ini karya tiga siswa Smamda, yakni Firza Ramadhani, Alka Alvin, dan Nabil Nasaruddin A.

Karya tiga siswa Smamda ini menyabet juara dua di ajang nasional Pesta Rakyat Fisika (PRF) 2020, pada 14-15 Februari 2020 di Kampus Universitas Indonesia (UI), Depok Jabar.

Menurut Firza Ramadhani, pembuatan sistem pintu air otomatis ini dilatarbelakangi kejadian petugas kerap lalai mengontrol pintu air bendungan.

"Ketika air sudah naik, petugas lupa membuka pintu. Sehingga air dalam bendungan meluap dan menjadikan banjir," ungkap Firza di gedung Smamda, Rabu (19/2).

Nah dengan inovasi yang dibuatnya, kata Firza, bisa mengendalikan air dan mencegah air bendungan meluap sehingga tidak terjadi banjir. "Ketika air sudah mencapai ketinggian level tertentu, inovasi ini dapat membuka pintu air Dam (bendungan) secara otomatis," tandas siswa kelas 10 ini.

Ditambahkan Nabil Nasaruddin, inovasi berupa prototipe itu akan terus disempurnakan. Yakni dengan menambah alat sehingga bisa dipantau melalui aplikasi android.

"Alat ini kami kerjakan selama dua minggu. Biaya pembuatan sekitar Rp 1,5 Juta," ungkapnya seraya menyatakan sistem ini juga akan diaplikan untuk pintu air sungai.

Kepala Smamda Wigatingsih mengatakan, hasil karya siswa Smamda itu relevan dengan kondisi saat ini, yakni bisa menjadi solusi untuk mengatasi bencana banjir. "Kita ingin karya siswa yang monumental ini bisa dipersembahkan ke Pemkab Sidoarjo," harapnya.

Meski masih berupa prototipe, alat tersebut akan terus disempurnakan sehingga bisa memberikan nilai manfaat untuk mengatasi bencana banjir di Kabupaten Sidoarjo. "Barang kali ini jadi sumbangsih Smamda kepada Pemkab Sidoarjo," pungkas Bu Wigati, panggilan karib Wigatiningsih. (sta/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 12 Agustus 2020 20:53 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur panjang sekaligus meningkatkan bentuk pelayanan, KAI Daop 7 Madiun akan mengoperasikan dua KA Brantas, yakni KA 117 dan KA 118 relasi Blitar-Pasar Senen.Manajer Humas PT KAI Dao...
Kamis, 13 Agustus 2020 16:50 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo---Ketika HARIAN BANGSA mengontak untuk membahas pilkada 9 Desember 2020, saya sedang bersungguh-sungguh untuk menyuguhkan argumentasi mengenai krisis pangan yang akan mengancam, apabila negeri ini tidak mampu membang...
Kamis, 13 Agustus 2020 09:55 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...