Rabu, 16 Juni 2021 05:14

Prihatin Banjir, Siswa Smamda Ciptakan Pintu Air Otomatis

Rabu, 19 Februari 2020 13:19 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Mustain
Prihatin Banjir, Siswa Smamda Ciptakan Pintu Air Otomatis
INOVATIF: Siswa Smamda menunjukkan alat pintu air otomatis di gedung Smamda, Rabu (19/2). foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE.com

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Banjir yang kerap melanda akibat meluapnya air bendungan dan sungai mengilhami siswa SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo (Smamda) menciptakan sistem pembuka pintu air otomatis.

Alat bernama Sarmodac (Smart Control and Monitoring Dam Activity) ini karya tiga siswa Smamda, yakni Firza Ramadhani, Alka Alvin, dan Nabil Nasaruddin A.

Karya tiga siswa Smamda ini menyabet juara dua di ajang nasional Pesta Rakyat Fisika (PRF) 2020, pada 14-15 Februari 2020 di Kampus Universitas Indonesia (UI), Depok Jabar.

Menurut Firza Ramadhani, pembuatan sistem pintu air otomatis ini dilatarbelakangi kejadian petugas kerap lalai mengontrol pintu air bendungan.

BACA JUGA : 

Jabat Dirlantas Polda Bengkulu​, Kombes Pol Sumardji: Banyak Hal yang Tidak Bisa Saya Lupakan

Jelang Lebaran, Smamda Sidoarjo Bagikan Ratusan Bingkisan ke Warga Sekitar Sekolah

Berbagi saat Pandemi, Yayasan Al Muslim Bagikan 1.238 Sembako secara Drive Thru

SDN Barengkrajan 1 Krian Berharap Tambahan Ruang Kelas

"Ketika air sudah naik, petugas lupa membuka pintu. Sehingga air dalam bendungan meluap dan menjadikan banjir," ungkap Firza di gedung Smamda, Rabu (19/2).

Nah dengan inovasi yang dibuatnya, kata Firza, bisa mengendalikan air dan mencegah air bendungan meluap sehingga tidak terjadi banjir. "Ketika air sudah mencapai ketinggian level tertentu, inovasi ini dapat membuka pintu air Dam (bendungan) secara otomatis," tandas siswa kelas 10 ini.

Ditambahkan Nabil Nasaruddin, inovasi berupa prototipe itu akan terus disempurnakan. Yakni dengan menambah alat sehingga bisa dipantau melalui aplikasi android.

"Alat ini kami kerjakan selama dua minggu. Biaya pembuatan sekitar Rp 1,5 Juta," ungkapnya seraya menyatakan sistem ini juga akan diaplikan untuk pintu air sungai.

Kepala Smamda Wigatingsih mengatakan, hasil karya siswa Smamda itu relevan dengan kondisi saat ini, yakni bisa menjadi solusi untuk mengatasi bencana banjir. "Kita ingin karya siswa yang monumental ini bisa dipersembahkan ke Pemkab Sidoarjo," harapnya.

Meski masih berupa prototipe, alat tersebut akan terus disempurnakan sehingga bisa memberikan nilai manfaat untuk mengatasi bencana banjir di Kabupaten Sidoarjo. "Barang kali ini jadi sumbangsih Smamda kepada Pemkab Sidoarjo," pungkas Bu Wigati, panggilan karib Wigatiningsih. (sta/dur)

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Selasa, 15 Juni 2021 06:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - RUU Pajak makin ramai dan kontroversial. Tapi suara fraksi-fraksi di DPR kali ini menolak. Alias tak mendukung rencana pemerintah.Apa benar ini karena Pilpres sudah dekat? Atau karena para pimpinan parpol belum dipan...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...