Sabtu, 16 Januari 2021 00:26

​Siapkan SDM Unggul, Pertamina Berikan Beasiswa bagi Mahasiswa Sekitar Kilang Minyak

Jumat, 14 Februari 2020 21:35 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Gunawan Wihandono
​Siapkan SDM Unggul, Pertamina Berikan Beasiswa bagi Mahasiswa Sekitar Kilang Minyak
Pertamina memberikan beasiswa berupa kuliah gratis kepada sejumlah mahasiswa berprestasi yang tinggal di ring satu proyek pembangunan Kilang Grass Root Refinery (GRR) Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com – Pertamina memberikan beasiswa berupa kuliah gratis kepada sejumlah mahasiswa berprestasi yang tinggal di ring satu proyek pembangunan Kilang Grass Root Refinery (GRR) Tuban.

Sebanyak 21 mahasiswa asal Tuban berhak menerima beasiswa untuk jenjang Diploma III di Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas Cepu, di Blora, Jawa Tengah.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman mengatakan, program beasiswa bagi para mahasiswa berprestasi itu merupakan komitmen Pertamina dalam rangka menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul sehingga bisa mendukung proyek kilang minyak Tuban.

“Pembangunan Kilang Tuban menjadi salah satu proyek besar Pertamina dalam rangka mewujudkan swasembada dan kemandirian energi nasional. Proyek ini akan memberikan dampak besar bagi regional, terutama masyarakat Tuban. Karena itu, sejak dini kita siapkan SDM berkualitas sehingga nantinya bisa berperan dalam operasional Kilang Tuban,” ujar Fajriyah.

Fajriyah menjelaskan, keseluruhan biaya pendidikan akan ditanggung penuh oleh Pertamina melalui program Corporation Social Responsibility (CSR) sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat sekitar. Setidaknya, setiap mahasiswa akan menerima beasiswa selama 6 semester atau hingga lulus kuliah.

“Pemberian beasiswa dilakukan melalui proses seleksi terbuka dan bisa diikuti oleh seluruh pelajar Tuban, terutama di sekitar wilayah kilang,” imbuhnya.

Menurut Fajriyah, seleksi awal dari program beasiswa itu diterima 51 siswa. Selanjutnya, mereka mendapatkan bimbingan belajar untuk menghadapi seleksi di PEM Akamigas Cepu. Hasil seleksi dari 51 siswa tersebut, yang bisa diterima di PEM Akamigas Cepu sebanyak 21 mahasiswa.

"Para mahasiswa yang lolos seleksi itu berasal dari desa-desa yang berbatasan dengan lokasi proyek GRR Tuban," tuturnya.

Fajriyah juga berpesan kepada para mahasiswa yang lolos seleksi, agar serius belajar dan menunjukkan prestasi yang membanggakan. Fajriyah juga berharap dukungan dari para orang tua, agar anak-anaknya bisa menuntaskan kuliah hingga diwisuda.

“Pertamina akan terus berkomitmen meningkatkan SDM di wilayah operasi, baik melalui pemberian beasiswa maupun program CSR lainnya. Harapannya Pertamina dan masyarakat Tuban, bisa sama-sama maju menuju Indonesia yang mandiri energi,” pungkasnya. (gun/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Senin, 11 Januari 2021 16:42 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Kerusuhan politik yang dilakukan pendukung fanatik Presiden Donald Trump menelan banyak korban jiwa. Setidaknya, empat pendukung Trump dan dua polisi dikabarkan meninggal dunia terkait aksi demo anarkis di Gedung Cap...
Jumat, 15 Januari 2021 23:19 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...