Selasa, 02 Juni 2020 11:36

​Siapkan SDM Unggul, Pertamina Berikan Beasiswa bagi Mahasiswa Sekitar Kilang Minyak

Jumat, 14 Februari 2020 21:35 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Gunawan Wihandono
​Siapkan SDM Unggul, Pertamina Berikan Beasiswa bagi Mahasiswa Sekitar Kilang Minyak
Pertamina memberikan beasiswa berupa kuliah gratis kepada sejumlah mahasiswa berprestasi yang tinggal di ring satu proyek pembangunan Kilang Grass Root Refinery (GRR) Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com – Pertamina memberikan beasiswa berupa kuliah gratis kepada sejumlah mahasiswa berprestasi yang tinggal di ring satu proyek pembangunan Kilang Grass Root Refinery (GRR) Tuban.

Sebanyak 21 mahasiswa asal Tuban berhak menerima beasiswa untuk jenjang Diploma III di Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas Cepu, di Blora, Jawa Tengah.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman mengatakan, program beasiswa bagi para mahasiswa berprestasi itu merupakan komitmen Pertamina dalam rangka menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul sehingga bisa mendukung proyek kilang minyak Tuban.

“Pembangunan Kilang Tuban menjadi salah satu proyek besar Pertamina dalam rangka mewujudkan swasembada dan kemandirian energi nasional. Proyek ini akan memberikan dampak besar bagi regional, terutama masyarakat Tuban. Karena itu, sejak dini kita siapkan SDM berkualitas sehingga nantinya bisa berperan dalam operasional Kilang Tuban,” ujar Fajriyah.

Fajriyah menjelaskan, keseluruhan biaya pendidikan akan ditanggung penuh oleh Pertamina melalui program Corporation Social Responsibility (CSR) sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat sekitar. Setidaknya, setiap mahasiswa akan menerima beasiswa selama 6 semester atau hingga lulus kuliah.

“Pemberian beasiswa dilakukan melalui proses seleksi terbuka dan bisa diikuti oleh seluruh pelajar Tuban, terutama di sekitar wilayah kilang,” imbuhnya.

Menurut Fajriyah, seleksi awal dari program beasiswa itu diterima 51 siswa. Selanjutnya, mereka mendapatkan bimbingan belajar untuk menghadapi seleksi di PEM Akamigas Cepu. Hasil seleksi dari 51 siswa tersebut, yang bisa diterima di PEM Akamigas Cepu sebanyak 21 mahasiswa.

"Para mahasiswa yang lolos seleksi itu berasal dari desa-desa yang berbatasan dengan lokasi proyek GRR Tuban," tuturnya.

Fajriyah juga berpesan kepada para mahasiswa yang lolos seleksi, agar serius belajar dan menunjukkan prestasi yang membanggakan. Fajriyah juga berharap dukungan dari para orang tua, agar anak-anaknya bisa menuntaskan kuliah hingga diwisuda.

“Pertamina akan terus berkomitmen meningkatkan SDM di wilayah operasi, baik melalui pemberian beasiswa maupun program CSR lainnya. Harapannya Pertamina dan masyarakat Tuban, bisa sama-sama maju menuju Indonesia yang mandiri energi,” pungkasnya. (gun/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Minggu, 31 Mei 2020 18:02 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Senin, 01 Juni 2020 12:19 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<...