Bandara Trunojoyo Sumenep Mulai Beroperasi 2015

SURABAYA (BangsaOnline) - Ini kabar gembira bagi warga Jawa Timur terutama Madura. Pasalnya, mulai awal tahun 2015 bandara Trunojoyo akan resmi digunakan sebagai bandara yang melayani penerbangan perintis komersial. Kepastian beroperasinya bandara yang terletak di kabupaten Sumenep itu diungkapkan Wakil Ketua Komisi D DPRD Jatim, Hamy Wahjunianto.

Hamy membeberkan kepastian beroperasinya bandara Trunojoyo diperoleh dari Direktur Transportasi Angkutan Udara Kemenhub RI, Muhammad Alwi. Bahkan saat ini sudah dalam taraf tender trayek. Fakta itu membuat rencana pengoperasian bandara yang terletak di ujung pulang Madura itu tinggal selangkah lagi. Bahkan Hamy memprediksi paling tidak bulan Maret tahun depan bandara Trunojoyo sudah bisa dibuka untuk penerbangan komersial.

"Alhamdulillah. Awal tahun depan bandara Trunojoyo sudah bisa beroperasi. Saya kira Trunojoyo memang sudah siap di buka. Terbukti fasilitas pendukung bandara Trunojoyo lebih lengkap dari bandara Belimbingsari," tandas politisi PKS itu, Jumat (19/12).

Menurut pria yang akrab disapa Ustad Hamy itu, dukungan dari pemerintah pusat sudah luar biasa. Terbukti penerbangan yang melayani rute bandara Trunojoyo nanti akan disubsidi oleh APBN. Komisi D juga mensupport penuh realisasi beroperasinya bandara Trunojoyo. Menurutnya saat ini tinggal good will dari Bupati dan Pemkab setempat sebagai tuan rumah. Paling tidak pemkab berinisiatif membangun infrastruktur pendukung seperti memuluskan dan memperlebar jalan menuju bandara.

"Saya kira pemkab Sumenep juga harus berperan aktif mendukung beroperasinya bandara Trunojoyo. Karena nantinya pemkab juga yang akan menikmati dampak positif dari bandara Trunojoyo,"tandas Hamy.

Terpisah, Ketua Fraksi PKB DPRD Jatim, Baddrut Tamam menyambut baik rencana beroperasinya bandara Trunojoyo. Anggota Dewan asal dapil Madura ini yakin beroperasinya bandara itu akan disambut baik masyarakat Madura. Sebab, akan mempersingkat jarak tempuh bila dibanding perjalanan melalui darat. Baddrut menyebut sejumlah rute yang potensial dilayani oleh penerbangan dari bandara Trunojoyo seperti Sumenep-Banyuwangi, Sumenep-Surabaya dan Sumenep-Bali.

"Saya yakin masyarakat Sumenep akan menyambut baik beroperasinya bandara Trunojoyo. Sebab akan mempersingkat waktu tempuh dan memberi kenyamanan dalam perjalanan. InsyaAllah, volume penumpang juga akan tinggi," ujar politisi kelahiran Madura tersebut.

Pria yang akrab disapa Tamam itu juga yakin dengan dibukanya penerbangan di wilayah Sumenep maka akan meningkatkan pertumbuhan perekonomian yang pada akhirnya akan mendongkrak pendapat asli daerah (PAD). Terlebih Sumenep mempunyai potensi wisata dan sumber daya alam yang luar biasa, baik itu di daratan maupun kepulauan. Bahkan Tamam mengklaim potensi sumber daya alam di Sumenep melampaui Banyuwangi. Ia mencontohkan adanya pulau Gili yang yang memiliki udara dengan kadar oksigen tertinggi di dunia. Selain itu, pantai di Sumenep juga sangat indah dengan pantai putih dan pohon cemaranya.

"Sumenep juga punya potensi wisata religi seperti makam Syeh Yusuf dan Arya Wiraraja yang sangat dikagumi masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia. Ini kalau dikelola akan luar biasa hasilnya untuk masyarakat Sumenep dan Madura," imbuh mantan Ketua Korcab PMII Jatim itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO