Sabtu, 11 Juli 2020 05:49

​Temukan Kartu ATM, Pria di Tuban Kuras Uang Jutaan Rupiah Pakai PIN Miliknya

Rabu, 05 Februari 2020 21:54 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Gunawan Wihandono
​Temukan Kartu ATM, Pria di Tuban Kuras Uang Jutaan Rupiah Pakai PIN Miliknya
Pelaku saat dikeler di Mapolres Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kejadian tindak pidana cukup menggelitik dialami Harwanto, warga Desa Mrutuk, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban.

Pasalnya, pria kelahiran 39 tahun lalu itu berhasil mengambil seluruh uang di dalam kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang tidak sengaja ia temukan. 

Saat itu, pelaku sedang bertransaksi di sebuah mesin ATM di sekitar SPBU Jalan Pahlawan Tuban. Tanpa disengaja, dia melihat kartu ATM yang ditinggal pemiliknya di sebuah mesin ATM dan membawanya pulang.

"Pelaku ini berhasil kita amankan baru tadi malam. Hebatnya, dia tahu PIN ATM korban dan sempat menyimpannya semalam," kata Kapolres Tuban, AKBP Nanang Haryono, Rabu (3/2).

Keesokan harinya, pelaku mencoba membuka kartu ATM yang baru saja ia temukan dengan cara mengacak PIN. Uniknya, pelaku berhasil membobol kartu ATM dengan memasukkan PIN yang sama dengan miliknya.

Setelah dicek, pelaku mengetahui jumlah saldo yang ada di dalam kartu ATM itu. Tanpa pikir panjang, pelaku langsung mengambil seluruh uang yang ada di ATM. "Pelaku berhasil mengambil uang tunai sebesar Rp 6,15 juta milik korban," imbuh kapolres.

Korban Heri Ardiyanto baru menyadari kalau kartu ATM dan uang miliknya telah raib digondol pencuri setelah dicek di kantor bank. Selanjutnya korban melapor kepada pihak kepolisian.

"Saya minta kepada masyarakat kalau ATM-nya ketinggalan langsung lapor ke pihak bank atau satpam," pungkasnya.

Saat dimintai keterangan, Harwanto mengaku tidak sengaja jika bisa membuka kartu ATM yang berhasil ditemukan. Dirinya juga tidak menduga kalau PIN-nya sama dengan kartu yang ditemukannya.

"Saya mencoba sekali dengan memasukan PIN saya 454545 dan ternyata bisa," ungkap pelaku.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatan yang dilakukan, pelaku diancam dengan Pasal 362 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara. (gun/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Jumat, 10 Juli 2020 21:04 WIB
Oleh: Ibnu Rusydi Sahara*“Sampean dari Surabaya?” Teman saya kerap menerima pertanyaan itu, manakala turun dari bus antarkota yang membawanya dari Surabaya di beberapa kota di Jawa Timur. Yang bertanya tukang ojek. Yang biasa mangkal di sep...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Sabtu, 11 Juli 2020 01:28 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...