Minggu, 29 Maret 2020 00:29

Joyo Agung Market Terbukti Belum Kantongi Perizinan

Selasa, 04 Februari 2020 19:32 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Iwan Irawan
Joyo Agung Market Terbukti Belum Kantongi Perizinan
Satpol PP Kota Malang saat memeriksa berkas atau dokumen kelengkapan perizinan milik Joyo Agung Market Merjosari di kantor Satpol PP, Selasa (04/02). foto: IWAN IRAWAN/ BANGSAONLINE

KOTA MALANG, BANGSAONLINE.com - Legalitas perizinan pasar modern Joyo Agung Market Merjosari (JAMM) di Lowokwaru Kota Malang yang disoal oleh warga setempat, akhirnya terbukti.

Ini setelah Satpol PP dan Dinas Koperindag Kota Malang melakukan sidak ke lokasi pasar modern Joyo Agung Market, dan pihak manajemen tak bisa menunjukkan dokumen perizinan.

Demikian halnya, saat dilakukan pemeriksaan secara keseluruhan di kantor Satpol PP, Selasa (04/02), Direktur Joyo Agung Market Joko Tri Tjahjana juga tak mampu menunjukkan bukti perizinan.

"Kami telah menuangkan hasil pemeriksaan dokumen legalitas Joyo Agung Market dalam berita acara pemeriksaan (BAP), tercatat perizinan prinsipnya tidak lengkap," tegas Kasatpol PP Priyadi, Selasa (04/02).

Selanjutnya, Satpol PP akan berkoordinasi dengan internal maupun OPD terkait untuk memutuskan langkah selanjutnya, sambil menunggu proses penyelesaian pengajuan perizinan oleh manajemen Joyo Agung Market di Disnaker - PMPTSP Kota Malang.

"Kami mengimbau pihak Joyo Agung Market menghentikan aktivitasnya di lapangan," tandasnya.

Sementara Kepala Disnaker - PMPTSP Erik S Santoso mebenarkan berkas permohonan izin yang diajukan pihak Joyo Agung Market masih harus dilengkapi.

"Saat ini yang masuk di kami masih UKL - UPL, Advice Plane untuk bisa menjadi IMB. Selama berkasnya dilengkapi, tentunya akan segera dikerjakan. Mengenai sisi pembangunannya, itu domain DPUPRPKP Kota Malang," tambah Erik.

Di sisi lain, isu adanya keterlibatan seorang ASN Pemkot Malang dalam proses pembangunan Joyo Agung Market mulai terkuak. Adalah Eko Sri Yuliadi yang merupakan Kabid Pemberdayaan Olahraga Dispora - Pariwisata Kota Malang, tercatat sebagai salah seorang pendiri di samping Joko Tri Tjahjana.

Saat dikonfirmasi ke kantornya, Eko Sya menyebut dirinya hanya konsultan teknis. Ditanya hubungannya dengan Joko Tri Tjahjana, ia mengaku sebatas teman. "Saya diminta bantu membangun pasar rakyat. Saya di sini membantu penanganan tata kelola pasarnya," ujarnya.

Sementara Direktur Joyo Agung Market Joko Tri Tjahjana enggan memberikan komentar banyak saat dikonfirmasi di kantor Satpol PP Kota Malang. "Maaf saya sebagai warga biasa akan memenuhi dan mematuhi aturan mainnya," tukasnya. (iwa/thu/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...