Senin, 30 Maret 2020 20:00

Atasi Toko Modern Ilegal, Ombudsman RI Turun ke Malang

Senin, 14 Maret 2016 23:14 WIB
Atasi Toko Modern Ilegal, Ombudsman RI Turun ke Malang
Asisten Ombudsman Bidang Investasi dan Perizinan, Achmad Khoirudin.

MALANG, BANSAONLINE.com - Desakan masyarakat Malang yang menamakan dirinya Aliansi Masyarakat Anti Toko Modern terhadap Pemerintah Kota Malang yang tak jelas jluntrungnya, membuat tim Ombusdman RI turun ke Malang.

Ombudsman RI menyiapkan sejumlah langkah, pasca melakukan klarifikasi bersama Aliansi Anti Toko Modern Illegal dan Pemerintah Kota Malang.

Asisten Ombudsman Bidang Investasi dan Perizinan, Achmad Khoirudin mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan menerima jawaban dari Badan Pelayanan dan Perizinan Terpadu (BP2T). Isinya terkait hasil verifikasi faktual perizinan yang sudah dilakukan.

“Data ini akan kami monitor dan kami telaah berdasar regulasi yang ada, baik regulasi pemerintah pusat maupun peraturan daerah,” kata Khoirudin.

Hasil sementara yang diperoleh Ombudsman, sebanyak 265 toko modern hanya mengantongi Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan tidak memiliki Izin Usaha Toko Modern (IUTM) sebagaimana amanat Perda No 8 tahun 2010.

Kondisi itu ditambah dengan tidak adanya loket atau sarana mengurus IUTM di BP2T. “SIUP ini persyaratannya tidak khusus seperti yang ada dalam IUTM, karena itu yang menjadi pengaduan aliansi,” tuturnya.

Pasca menerima dan melakukan kajian data tentang toko modern, Ombudsman akan memberikan saran kepada Pemkot Malang. Jika saran itu tidak diindakan, sesuai aturan undang-undang, ombudsman akan mengadukan masalah ini kepada Kementerian Dalam Negeri.

“Bisa saja para penyelenggara pemerintahan daerah yang tidak patuh rekomendasi akan ‘disekolahkan’ oleh Mendagri,” tukasnya. Sebelum menangani toko modern di Kota Malang, Khoirudin mengaku pernah melakukan kajian di kota seperti Surabaya dan Bandung atas prakarsa tersendiri. “Hasil kajian kami serahkan kepada Pemkot Surabaya dan sudah dilakukan penindakan,” pungkasnya. (thu/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...