Gandeng Akademisi, DPRD Gresik Sinkronisasi Pokir Susun RKPD 2021

Gandeng Akademisi, DPRD Gresik Sinkronisasi Pokir Susun RKPD 2021 Ketua DPRD Gresik Fandi Akhmad Yani (dua dari kiri), bersama pimpinan DPRD Asluchul Alif, Ahmad Nurhamim, Mujid Riduan,dan Bupati Sambari HR saat pembukaan sinkronisasi pokir. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com menggelar Sinkronisasi Pokok-Pokok Pikiran (Pokir) dalam Penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun 2021 di Hotel Harris, Malang, Selasa (4/1).

mendatangkan sejumlah pemateri dari sejumlah akademisi berkompeten dalam kegiatan ini. Di antaranya, Pakar Lingkungan Unair Surabaya Prof. Suparto Wijoyo, dan Widan Safitri dari Unibraw Malang. Juga, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto.

Prof. Suparto Wijoyo banyak mengupas soal isu lingkungan di Kabupaten Gresik yang banyak tumbuh subur industri. Sehingga, limbah yang dihasilkan baik berupa limbah udara (polusi), limbah cair, dan padat yang harus diantisipasi pemerintah daerah.

Sementara Wildan Safitri dari Unibraw dalam paparannya mengusulkan pendekatan-pendekatan yang bisa dilakukan dalam sinkronisasi program Pokir. Di antaranya, pendekatan teknokratik dalam perencanaan pembangunan daerah dilaksanakan dengan menggunakan metode dan kerangka berpikir ilmiah untuk mencapai tujuan dan sasaran pembangunan Daerah

Kemudian, pendekatan partisipatif dilaksanakan dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan. Selanjutnya, pendekatan politis dilaksanakan dengan menerjemahkan visi dan misi kepala daerah terpilih ke dalam dokumen perencanaan pembangunan jangka menengah yang dibahas bersama dengan DPRD.

Selain itu, pendekatan atas-bawah dan bawah-atas merupakan hasil perencanaan yang diselaraskan dalam musyawarah pembangunan yang dilaksanakan, mulai dari Desa, Kecamatan, Kabupaten/Kota, Provinsi, hingga Nasional.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO