Bupati Bangkalan Launching "Bang Jani", Inovasi untuk Dongkrak Ekonomi Petani

Bupati Bangkalan Launching "Bang Jani", Inovasi untuk Dongkrak Ekonomi Petani Bupati Bangkalan R. Abdul Latif mencoba memanam padi dengan mesin disaksikan oleh Forpimda dan para petani di Desa Karang Gayam Blega Bangkalan, Rabu (29/01/2019).

BANGKALAN, BANGSAONELINE.com - Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Imron Amin me-launching program Bangun Bangkalan Sejahtera Petani (Bang Jani) serta Tanam Bersama di Desa Karang Gayam Kecamatan Blega Bangkalan, Rabu (29/01/2019).

Dalam sambutannya, Bupati memaparkan program ini untuk mendongkrak kesejahteraan petani, karena pertanian merupakan sektor yang paling besar menopang perekonomian Bangkalan. Bahkan lebih seperempat persen perekonomian Bangkalan disumbang oleh sektor pertanian.

"Mengingat 60 persen penduduk Bangkalan bekerja di sektor pertanian, oleh karena itu, langkah ke depan untuk mengantisipasi hal tersebut dibutuhkan inovasi-inovasi pertanian. Tidak cukup hanya mengandalkan sumber daya alam dan sumber daya manusia, akan tetapi dibutuhkan inovasi masyarakat petani. Dengan di-launching-nya Bang Jani ini, Dinas Pertanian ke depan dapat mengedukasi kepada masyarakat serta masyarakat petani dituntut lebih kreatif dan inovatif," papar Bupati

Sementara Kepala Dinas Pertanian Bangkalan Ir. Punguh menjelaskan Bang Jani adalah program untuk memajukan sektor pertanian. Ia mengungkapkan produk dari Bang Jani di antaranya Laptop Bang Jani (sebagai sarana informasi data pertanian), Teman Bang Jani (pemuda cinta petani), Warung Bang Jani (informasi produk pertanian), Teras Bang Jani (terampil dan aksi bersama petani), Inovasi Bang Jani (satu kecamatan dan satu desa inovasi), serta Berita Bang Jani (berita Kebun Bang Jani Agrowisata kebun langkap).

"Dengan launching Bang Jani ini akan dapat mendongkrak sektor pertanian Bangkalan, tentunya dengan potensi lokal, melihat Kabupaten Bangkalan 60 persen lahan pertanian," tandas Punguh. (uzi/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO