Rabu, 08 April 2020 02:00

Siaga Corona, Rumah Sakit di Jember Siapkan Ruangan Isolasi Khusus

Selasa, 28 Januari 2020 13:38 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muhammad Hatta
Siaga Corona, Rumah Sakit di Jember Siapkan Ruangan Isolasi Khusus
Ancillary and Medical Affair Div. Head. Siloam Hospital Jember dokter Gressice Manegeng bersama jajaran manajemen saat memberikan keterangan pers.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Langkah antisipasi terkait penyebaran virus corona juga dilakukan di Kabupaten Jember. Sesuai petunjuk dari Kemenkes RI, seluruh rumah sakit yang ada di daerah diperintahkan untuk langsung berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat untuk mengatasi penyebaran virus corona, semisal terjadi.

Ancillary and Medical Affair Div. Head. Siloam Hospital Jember dokter Gressice Manegeng menjelaskan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinkes setempat untuk langkah strategis jika ada pasien ter-suspect virus Corona.

"Kami sudah melakukan koordinasi dan siap mengambil langkah strategis jika ada yang ter-suspect Corona, sesuai petunjuk dari Kemenkes," kata dokter Grace panggilan akrabnya saat dikonfirmasi di Rumah Sakit Siloam, Selasa (28/1/2020).

Bahkan di rumah sakitnya juga sudah disediakan 4 ruang isolasi khusus untuk merawat pasien yang mungkin ter-suspect virus corona.

"1 ruangan di IGD, 3 ruangan lainnya di IPD (ruang rawat inap pasien). Sehingga kita siap dengan fasilitas yang ada," katanya.

Dokter Grace menjelaskan, untuk ruang isolasi khusus tersebut, tidak hanya digunakan untuk mengatasi pasien terdampak virus corona. "Tapi penyakit lainnya yang membutuhkan penanganan khusus. Dengan ruangan isolasi ini, dilengkapi dengan alat magnahelic. Ini sudah standar operasional penting," katanya.

Ia menjelaskan, dengan alat magnahelic itu, difungsikan untuk memonitor tekanan udara dalam ruangan. "Sehingga di dalam ruangan isolasi harus bertekanan negatif. Nantinya membuat kuman yang ada di dalam ruangan mati," katanya.

Sementara itu Plt. Kepala Dinas Kesehatan Jember Dyah Kusworini mengatakan, terkait langkah antisipasi pasien virus corona, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan seluruh rumah sakit yang ada di Jember.

"Dengan menyediakan ruang isolasi khusus, juga saling komunikasi koordinasi jika ada yang terdampak virus," ujarnya. (ata/yud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...