Rabu, 08 April 2020 01:50

Dua OPD di Pemkab Pacitan Bakal Naik Tipe, Enam Lainnya Mengalami Perubahan Nomenklatur

Senin, 27 Januari 2020 16:06 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Yuniardi Sutondo
Dua OPD di Pemkab Pacitan Bakal Naik Tipe, Enam Lainnya Mengalami Perubahan Nomenklatur
Ketua Pansus II DPRD Pacitan Arif Setya Budi. foto: YUNIARDI SUTONDO/ BANGSAONLINE

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Dua organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemkab Pacitan, yakni Dinas Kesehatan dan Sekretariat DPRD, bakal naik kelas. Yang semula hanya bertipe B, tak lama lagi OPD tersebut bakal menjadi tipe A.

Ketua Panitia Khusus (Pansus) II DPRD setempat, Arif Setya Budi mengatakan, selain dua OPD yang bakal naik tipe, juga ada enam dinas/badan yang bakal mengalami perubahan nomenklatur.

Adapun keenam dinas/badan tersebut di antaranya, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) bakal berubah menjadi Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM). Selain itu, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) akan berubah menjadi Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD).

Inspektorat juga akan menjadi Inspektorat Daerah, Dinas Perpustakaan akan berubah menjadi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas Koperasi Usaha Mikro akan berubah menjadi Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Ketenagakerjaan.

"Untuk Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, yang semula berstatus quo tak lama lagi bakal masuk menjadi perangkat daerah," tegas legislator Partai Demokrat ini, Senin (27/1).

Arif mengungkapkan, tujuan peningkatan tipe dua OPD tersebut, yakni Dinkes dan Sekretariat DPRD, sebagai upaya meningkatkan kinerja perangkat daerah, guna mewujudkan visi dan misi kepala daerah sesuai rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD). Peningkatan tipe organisasi perangkat daerah tersebut nantinya juga diikuti perubahan di dalam struktur organisasinya.

"Perubahan tersebut akan diatur di dalam Peraturan Bupati tentang susunan organisasi dan tata kerja perangkat daerah (SOTK)," jelas Arif.

Perubahan struktur organisasi tersebut, di antaranya dengan penambahan bidang dan seksi sesuai ketentuan yang berlaku. "Untuk lingkup Dinkes dasarnya adalah Permenkes, dan Sekretariat DPRD dasarnya adalah Permendagri. Idealnya tahun ini harus sudah dilaksanakan, agar kinerja OPD lebih meningkat dalam pencapaian indikator-indikator RPJMD," tukasnya. (yun/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...