Senin, 30 Maret 2020 01:51

Kenalkan Budaya Sejak Dini, Pemkab Bangkalan Gelar Pemilihan Cong Kene' dan Bhing Ana'

Rabu, 22 Januari 2020 20:54 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Subaidah
Kenalkan Budaya Sejak Dini, Pemkab Bangkalan Gelar Pemilihan Cong Kene
Aksi para peserta Pemilihan Cong Kene' dan Bhing Ana' di atas panggung.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan melalui Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) menggelar Pemilihan Cong Kene' dan Bhing Ana' di Gedung Rato Ebuh Bangkalan, Rabu (22/1).

Mengangkat tema "The Miracle of Mother Eternal Spirit for Better Future", kegiatan ini diikuti oleh 66 Cong Kene' dan 115 Bhing Ana' dari kategori A dan B.

Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin mengatakan, kegiatan ini merupakan miniatur dari kegiatan Kacong Jebbing Bangkalan. Dengan tujuan untuk pengembangan minat dan bakat anak sejak dini. Selain itu, juga untuk memperkenalkan budaya daerah sejak dini agar lebih dicintai.

"Dari perhelatan ini kan, nanti anak-anak diajak untuk menampilkan kemampuannya, sehingga anak bisa berani mengembangkan apa yang dimiliki nya," ujar Ra Latif, sapaan akrab bupati.

Sedangkan untuk kegiatan lebih lanjut, ia mengatakan akan melibatkan peran Cong Kene' dan Bhing Ana' di acara-acara pemerintahan seperti yang dilakukan oleh Kacong Jebbing dewasa sebelumnya.

Senada dengan bupati, Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Faisol mengatakan, kegiatan ini menjadi salah satu upayanya untuk mengurangi dampak permainan gadget bagi anak sejak dini.

"Jadi, melalui kegiatan ini diharapkan anak-anak dapat mencintai kembali permainan tradisional serta dapat memahami budaya dan kesenian Madura agar tidak terlalu kecanduan bermain gadget," harapnya.

Perihal pendanaan yang beredar di masyarakat, bahwa kegiatan ini menghabiskan dana hingga Rp 500 juta, Faisol mengatakan itu tidak benar adanya.

"Nggak, tidak sebesar itu biaya acara ini, banyak sponsor yang terlibat. Yang jelas biayanya di bawah 100 juta rupiah," ujarnya. (ida/uzi/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...