Senin, 24 Februari 2020 18:41

Polda Jatim Gagalkan Peredaran Sabu 10,8 Kg ke Madura, Dibungkus dalam Kemasan Teh Hijau

Rabu, 15 Januari 2020 11:41 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Anatasia Novarina
Polda Jatim Gagalkan Peredaran Sabu 10,8 Kg ke Madura, Dibungkus dalam Kemasan Teh Hijau
Wadir Resnarkoba Polda Jatim, AKBP Nasriadi didampingi Kabid Humas Kombes Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko saat press release di Mapolda Jatim, Rabu (15/1/2020).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Jajaran Polda Jatim berhasil menggagalkan peredaran narkoba jenis sabu sebanyak 10,8 Kilogram ke pulau Madura. Pengungkapan peredaran sabu-sabu itu berawal dari dibekuknya DAS (31), kurir narkoba jaringan internasional oleh anggota Ditresnarkoba Polda Jatim. DAS ditangkap saat membawa barang haram tersebut menuju Madura.

Wadir Resnarkoba Polda Jatim, AKBP Nasriadi saat didampingi Kabid Humas Kombes Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko di Mapolda Jatim menjelaskan, tersangka berinisial DAS asal Gresik, merupakan kurir yang mengambil barang dari hotel di kawasan Juanda untuk dibawa ke terminal 2 Juanda.

"Anggota Ditresnarkoba pada tanggal 2 Januari 2020 melakukan pembuntutan terhadap DAS. Saat di parkiran terminal 2 Juanda, pelaku pun berhasil ditangkap dan anggota menemukan sabu bruto 10,8 kg di dalam tas ransel," kata Nasriadi di Mapolda, Rabu (15/1/2010).

Nasrudin menerangkan awal pengungkapan kasus ini, Ditresnarkoba Polda Jatim mendapatkan informasi bahwa akan ada transaksi narkoba di Surabaya. Barang haram tersebut dikirim dari Myanmar menuju Serawak, Pontianak, dan berakhir di Surabaya melalui jalur kapal laut.

"Jadi barang ini dibawa oleh pelaku estafet, dari Myanmar sampai Surabaya. Dari pengakuan tersangka, barang ini rencananya akan dikirimkan ke Pulau Madura dan diedarkan di Surabaya," imbuh dia.

Nasriadi mengungkapkan, pelaku ini cukup cerdik dalam mengemas sabu. Sebab, barang haram tersebut dibungkus dalam kemasan teh china warna hujau. "Jadi kita temukan 10 bungkus plastik kemasan teh China warna hijau. Saat kami temukan, ternyata di dalamnya adalah sabu dengan total berat 10,8 kg," ujar dia.

Nasriadi juga menyampaikan, pihaknya saat ini tengah mengejar satu tersangka lain dengan inisial Z. Hal ini berdasarkan pengakuan DAS, bahwa dirinya dikendalikan oleh Z untuk mengantar barang ke Terminal 2 Juanda, selanjutnya bertemu dengan pembeli.

"Jadi tersangka DAS ini dikendalikan oleh Z untuk mengambil mobil yang di dalamnya berisi sabu. Lalu kemudian diserahkan kepada pembeli," ucap Nasriadi.

Usai menangkap satu pelaku yang sebagai pengedar ini, Nasriadi akan terus mengembangkan kasus ini. Sampai nanti dapat menangkap bandarnya. "Kami akan terus kembangkan jaringan ini sampai ke bandarnya. Jadi kami tidak akan berhenti sampai si sini saja," pungkas Nasriadi.

Atas perbuatan pelaku, DAS dijerat dengan pasal 112 ayat (2) dan atau pasal 114 ayat (2) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang narkoba. (ana)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 21 Februari 2020 20:10 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Tuban mempunyai wisata edukasi baru berupa Taman Kelinci. Suasana Taman Kelinci yang terletak di tepi jalan Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban ini begitu adem, asri, dan sejuk, karena jauh dar...
Senin, 24 Februari 2020 14:06 WIB
Oleh : Firman Syah Ali*Pertama Kali saya berjumpa Habib Ahmad Bin Ismail Alaydrus pada tahun 2016 lalu di Majelis Ratib beliau di Kawasan Tapos Bogor. Waktu itu saya hadir Maulid Akbar diajak oleh kakak ipar beliau, Habib Usman Arsal Alhabsyi Jakarta...
Kamis, 20 Februari 2020 11:01 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALAyat kaji 80 ...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...