Sabtu, 31 Juli 2021 03:17

Uang Saku Perjalanan Dinas Dewan Naik, Bupati: Angkanya Masih Wajar

Senin, 13 Januari 2020 22:38 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ahmad Habibi
Uang Saku Perjalanan Dinas Dewan Naik, Bupati: Angkanya Masih Wajar
Ilustrasi

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Uang saku untuk perjalanan dinas (perdin) anggota dewan baik untuk dalam kabupaten maupun luar Provinsi pada tahun 2020 akan menyedot uang rakyat yang cukup besar. Hal tersebut setelah dikabulkannya usulan kenaikan uang saku para politikus Raci oleh Pemkab Pasuruan untuk kunjungan kerja.

Besaran anggaran uang saku perdin anggota untuk satu kali kunjungan dalam Kabupaten yang semula Rp 225.000,- naik menjadi Rp 525.000,-. Sedangkan untuk uang saku luar provinsi yang semua Rp 1700.000,- menjadi Rp 2.200.000,-.

Jika dalam satu bulan 50 angota dewan menggelar kunker luar daerah empat kali, maka bisa dipastikan ratusan juta rupiah uang rakyat harus dikeluarkan.

Bupati Pasuruan H. M. Irsyad Yusuf, S.E., M.M.A. yang dikonfirmasi BANGSAONLINE.com, Senin (13/1), menganggap kenaikan uang saku perdin tersebut masih wajar dan telah disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

BACA JUGA : 

Keberatan SMPN 2 Bangil Dijadikan Tempat Isolasi, Wali Murid Ajukan Audiensi ke DPRD

Tolak Isoter SMPN 2 Bangil, Wali Murid dan Warga Sekitar Gelar Audiensi dengan Muspika

Desak Pemkab Segera Cairkan Insentif Nakes, Anggota Komisi IV Dorong Transparansi Anggaran Cukai

Antrean Tinggi di RS Rujukan, Pemkab Pasuruan Berencana Berdayakan Sejumlah Puskesmas

“Untuk besaran kenaikan uang saku dewan Kabupaten Pasuruan kita anggap masih wajar jika dibandingkan dengan daerah lain yang rata-rata di atas kabupaten. Dan itu sudah disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah,“ jelas orang nomor satu di Kabupaten Pasuruan ini.

Irsyad mengatakan, saat ini Pemkab Pasuruan masih menyiapkan Perbup sebagai landasan hukum dalam menaikkan uang saku perdin dewan. Draf Perbup tersebut saat ini masih diproses di Bagian Hukum untuk dimintakan persetujuan ke Provinsi.

Meski Perbup dalam proses perumusan, namun uang saku para anggota dewan sudah mengalami penyesuaian apabila melakukan kunjungan kerja ke luar daerah maupun dalam daerah.

“Pemberlakuan uang saku perdin anggota DPRD efektif sejak disahkannya APBD 2020, tinggal menunggu Perbup saja, karena dalam proses. Dan perlu diingat, kenaikan ini sudah dilakukan pertimbangan yang cukup panjang,“ jelas Irsyad.

Terpisah Ketua DPRD M. Sudiono Fauzan yang dikonfirmasi BANGSAONLINE.com membenarkan adanya kenaikan uang saku perdin dewan. Hanya, ia belum bisa merinci secara detail dengan alasan tidak hafal angka pastinya. (bib/par/rev)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...