Sabtu, 28 Maret 2020 21:34

Uang Saku Perjalanan Dinas Dewan Naik, Bupati: Angkanya Masih Wajar

Senin, 13 Januari 2020 22:38 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ahmad Habibi
Uang Saku Perjalanan Dinas Dewan Naik, Bupati: Angkanya Masih Wajar
Ilustrasi

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Uang saku untuk perjalanan dinas (perdin) anggota dewan baik untuk dalam kabupaten maupun luar Provinsi pada tahun 2020 akan menyedot uang rakyat yang cukup besar. Hal tersebut setelah dikabulkannya usulan kenaikan uang saku para politikus Raci oleh Pemkab Pasuruan untuk kunjungan kerja.

Besaran anggaran uang saku perdin anggota untuk satu kali kunjungan dalam Kabupaten yang semula Rp 225.000,- naik menjadi Rp 525.000,-. Sedangkan untuk uang saku luar provinsi yang semua Rp 1700.000,- menjadi Rp 2.200.000,-.

Jika dalam satu bulan 50 angota dewan menggelar kunker luar daerah empat kali, maka bisa dipastikan ratusan juta rupiah uang rakyat harus dikeluarkan.

Bupati Pasuruan H. M. Irsyad Yusuf, S.E., M.M.A. yang dikonfirmasi BANGSAONLINE.com, Senin (13/1), menganggap kenaikan uang saku perdin tersebut masih wajar dan telah disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

“Untuk besaran kenaikan uang saku dewan Kabupaten Pasuruan kita anggap masih wajar jika dibandingkan dengan daerah lain yang rata-rata di atas kabupaten. Dan itu sudah disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah,“ jelas orang nomor satu di Kabupaten Pasuruan ini.

Irsyad mengatakan, saat ini Pemkab Pasuruan masih menyiapkan Perbup sebagai landasan hukum dalam menaikkan uang saku perdin dewan. Draf Perbup tersebut saat ini masih diproses di Bagian Hukum untuk dimintakan persetujuan ke Provinsi.

Meski Perbup dalam proses perumusan, namun uang saku para anggota dewan sudah mengalami penyesuaian apabila melakukan kunjungan kerja ke luar daerah maupun dalam daerah.

“Pemberlakuan uang saku perdin anggota DPRD efektif sejak disahkannya APBD 2020, tinggal menunggu Perbup saja, karena dalam proses. Dan perlu diingat, kenaikan ini sudah dilakukan pertimbangan yang cukup panjang,“ jelas Irsyad.

Terpisah Ketua DPRD M. Sudiono Fauzan yang dikonfirmasi BANGSAONLINE.com membenarkan adanya kenaikan uang saku perdin dewan. Hanya, ia belum bisa merinci secara detail dengan alasan tidak hafal angka pastinya. (bib/par/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 02:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*84. Qul kullun ya’malu ‘alaa syaakilatihi farabbukum a’lamu biman huwa ahdaa sabiilaan.Katakanlah (Muhammad), “Setiap orang berbuat sesuai dengan pembawaannya masing-masing.” Maka Tuhanmu lebih mengeta...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...