Rabu, 01 April 2020 02:31

Motif Pembunuhan yang Korbannya Dibuang di Tol Kebomas Terungkap, Pelaku Kesal Istrinya Dihamili

Kamis, 09 Januari 2020 18:29 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
Motif Pembunuhan yang Korbannya Dibuang di Tol Kebomas Terungkap, Pelaku Kesal Istrinya Dihamili
Kapolres AKBP Kusworo Wibowo saat mengekspos pelaku. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Motif pembunuhan yang mayatnya dibuang di tol Kebomas beberapa waktu lalu, berhasil diungkap. Korban diketahui bernama Muh Mulla alias Dul Mola (33) , warga Desa Ketapang Timur, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang, Madura.

Sementara pelakunya adalah 7 orang yang masih keluarga. Otak pelaku adalah seorang pria berinisial J, yang dendam kepada korban lantaran menghamili istrinya saat ditinggal merantau ke luar negeri.

Dua dari tujuh pelaku berhasil dibekuk. Sementara lima pelaku masih buron. Kedua pelaku berhasil diamankan tim Satreskrim Polres Gresik bekerja sama dengan Polres Sampang.

Keduanya adalah, Sugianto yang ditangkap di wilayah Sampang, dan Abdul Rohman yang ditangkap di Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, saat melarikan diri.

Sementara kelima pelaku lain yang saat ini dinyatakan daftar pencarian orang (DPO) adalah, J (otak pelaku yang istrinya dihamili oleh korban), AW, M, MR, dan MR.

Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo saat rilis di hadapan para media, Kamis (9/1) mengungkapkan, pembunuhan yang dilakukan oleh ketujuh pelaku ini bermotif sakit hati.

"Korban diketahui menjalin hubungan gelap dengan wanita berinisial S yang merupakan istri dari J (masih DPO). Nah, dari hubungan gelap itu sampai hamil 8 bulan. Suaminya yang bekerja sebagai TKI akhirnya mengetahui hal itu dan memutuskan pulang. Pelaku berinisial J ini akhirnya mengajak bertemu dengan keenam pelaku untuk menghabisi korban," katanya.

Salah seorang pelaku ditugaskan untuk membujuk korban keluar dari persembunyian, yang kebetulan ngekos di wilayah Gresik.

"Pelaku Sugianto bertugas untuk membujuk korban keluar dari persembunyian. Sementara Abdul Rahman bertugas sebagai sopir mobil yang dipakai saat eksekusi," terangnya.

"Korban lalu dijemput oleh pelaku dengan mobil Toyota Avanza hitam, lalu diajak keluar. Sesampainya di Tol Kebomas, korban dipindah ke mobil Avanza hitam yang lain. Di situ ada suami S (J) yang duduk di samping korban dan empat pelaku lainnya yang telah menyiapkan tampar berwarna biru," ungkapnya.

Setelah diajak ngobrol, korban lalu dijerat dengan menggunakan tali tampar berwarna biru di bagian lehernya. Begitu korban diketahui sudah tidak bernyawa, para pelaku membuang jasad korban di selokan tepi tol Kebomas KM 16.400.

Ditambahkan Kapolres, dari hasil penyelidikan, korban ternyata diketahui berstatus sebagai seorang residivis kasus curanmor tahun 2017, dan DPO kasus Narkoba di Pangkalanbun, Kalteng. "Tersangka dijerat pasal 340 subsider pasal 338 KUHP tentang pembunuhan berencana. Ancamannya hukuman mati atau seumur hidup," pungkasnya. (hud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...