Bupati Indartato: Kepala Desa Harus Kreatif dan Inovatif

Bupati Indartato: Kepala Desa Harus Kreatif dan Inovatif Bupati Pacitan, Indartato.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 113 kades terpilih hasil pemilihan kepala desa Oktober 2018 lalu, dilantik Bupati Pacitan di aula pendopo , Senin (6/1).

Dalam sambutannya, bupati mengajak para kepala desa terlantik untuk bisa mengentaskan kemiskinan. Orang nomor satu di tersebut juga menekankan kepada para kades agar berinovasi dan mempunyai kreativitas dalam membangun desanya masing-masing.

"Mari sama-sama kita pelajari arahan dari pemerintah yang lebih atas. Kita ini merupakan subsistem dari sistem negara republik Indonesia. Kita berharap masyarakat bisa adil dan makmur, sehingga hidupnya bisa sejahtera," kata Indartato memberikan arahan kepada para kepala desa terlantik.

"Untuk menciptakan hal tersebut ada beberapa poin yang telah ditentukan. Baik oleh pemerintah pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota. Dan semua itu telah dijabarkan dalam RPJMD kabupaten," paparnya.

"Harapan kita, desa bisa menjabarkan itu semua. Sebab ada keterkaitan satu sama lainnya. Pada dasarnya kita ini NKRI. Saya berharap kepada Pak Wabup, Pak Sekda, dan seluruh jajarannya, bagaimana bisa memberikan arahan kepada para kades untuk bisa menyusun RPJMDes, agar betul-betul sesuai dengan program pemerintah di atasnya," jelasnya.

"Yang paling mendasar bagaimana sumber daya manusianya bisa lebih berdaya. Sehingga kemiskinannya akan bisa teratasi. Paling tidak bisa mengurangi," harap Indartato.

"Di era yang serba digital ini, apalagi hampir mayoritas para perangkat desa sudah berpendidikan sarjana, tentu akan lebih bisa membawa perubahan bagi desanya. Dan yang terpenting bagaimana bisa melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya. Seorang pemimpin harus bisa menciptakan rasa adem, sumeleh dan harus ikhlas mengerjakan apapun untuk kepentingan rakyatnya," pungkasnya. (yun/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO