Senin, 17 Februari 2020 23:59

​Komunitas Sukodono Peduli Lingkungan (Supel) Awali Tahun 2020 Dengan Aksi Cabut Paku di Pohon

Kamis, 02 Januari 2020 17:26 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Catur Andy
​Komunitas Sukodono Peduli Lingkungan (Supel) Awali Tahun 2020 Dengan Aksi Cabut Paku di Pohon
Aksi bersih-bersih pamflet di pohon yang ada di sepanjang jalan raya Kecamatan Sukodono oleh ?Komunitas Sukodono Peduli Lingkungan (Supel).

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Komunitas Sukodono Peduli Lingkungan (Supel) menyambut hari pertama di tahun 2020 ini dengan melakukan aksi peduli lingkungan berupa mencabuti paku dari pohon, Kamis (02/01/2019).

Komunitas yang beranggotakan dari sejumlah elemen pemuda se-Kecamatan Sukodono ini ingin menularkan virus positif kepada warga masyarakat.

Komunitas ini membersihan banner, pamflet, dan mencabut sejumlah paku yang menancap pada batang pohon. Aksi tersebut terlihat kompak dilakukan. Hasilnya, pohon yang tumbuh di jalan raya Kecamatan Sukodono terlihat lebih rapi.

"Ya, aksi dari teman-teman Supel kali ini melakukan pembersihan banner dan paku yang menancap di pohon. Lokasinya di sepanjang jalan Desa Panjunan, hingga Desa Kebonagung, Sukodono," terang koordinator aksi, Dini Purnawansyah.

Sejak pagi, berbekal alat seadanya, anggota Supel dibantu personel Satpol PP Kecamatan Sukodono terlihat solid. Mereka menyisir sejumlah pohon yang tumbuh di sisi jalan raya. Bahkan, lalu lalang kendaraan tidak menyurutkan semangat mereka untuk tetap beraksi demi mewujudkan lingkungan bersih dan asri.

"Kegiatan ini adalah satu bentuk kepedulian terhadap lingkungan yang sudah mulai jarang mendapatkan perhatian dari kebanyakan masyarakat," imbuh Dini.

Komunitas yang berdiri sejak tahun 2016 ini berharap, aksi peduli lingkungan tidak berhenti di sini. Mereka bakal terus melakukan beragam aksi kepedulian yang lainnya. Warga masyarakat diharapkan juga turut sadar dalam menjaga lingkungan sekitar sebagai wujud cinta kasih.

"Di saat kebanyakan masyarakat menyambut tahun baru dengan pesta atau menyalakan kembang api, kami mencoba untuk melakukan sesuatu yang sedikit berbeda," ucap Dini.

Sementara itu, Mirza menyebut, sejak tahun 2016, belasan kegiatan kesadaran peduli lingkungan mereka lakukan. Di antaranya, bersih-bersih sungai di Kebonagung, gotong royong membersihkan sampah, hingga sosialisasi kesadaran lingkungan kepada warga masyarakat di Sukodono.

"Ini semua murni panggilan hati. Semoga warga Sukodono tetap bisa mecintai lingkungan dan saling menjaga keamanan," ujarnya

Sementara itu, Kasi Trantib Kecamatan Sukodono, Tatang menuturkan aksi moral yang digagas oleh komunitas Supel tersebut merupakan kegiatan yang positif dan selayaknya mendapat dukungan dari masyarakat.

"Kami sebagai perwakilan pemerintah kecamatan Sukodono sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Kami berharap agar kepedulian yang ditunjukkan oleh komunitas ini disambut baik," pungkas Tatang. (cat/rev) 

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 29 Januari 2020 22:31 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Mendengar kata Gunung Kelud, orang pasti membayangkan kedahsyatan letusannya. Sekali meletus, abu Gunung Kelud bisa menghentikan operasional beberapa bandara. Bahkan, bandara di Yogya pun harus berhenti beroperasi ketika Gu...
Senin, 17 Februari 2020 20:01 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanGus Sholah. Panggilan yang enak didengar. Sekaligus menyejukkan. Siapa pun yang pernah bertemu, berbincang – apalagi akrab. Pasti terkesan: santun, tawaddlu’, sederhana, egaliter dan moderat. Moderat sesungguhnya. Bukan ...
Senin, 10 Februari 2020 11:55 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALTidak sama an...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...