Bawaslu Pacitan Lantik Panwascam Pemilu Bupati dan Wakil Bupati 2020

Bawaslu Pacitan Lantik Panwascam Pemilu Bupati dan Wakil Bupati 2020 Para anggota Panwascam foto bareng usai dilantik.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 36 calon anggota panwascam dalam pemilu bupati dan wakil bupati 2020 dilantik di aula pendopo Pemkab Pacitan, Senin (23/12). Mereka akan bertugas melakukan pengawasan di setiap tahapan pemilu bupati dan wakil bupati.

"Setiap kecamatan masing-masing tiga orang panwascam," kata Berty Stevanus, Ketua Bawaslu Pacitan.

Menurut Berty, banyak paramater yang ditetapkan dalam seleksi calon anggota panwascam. Selain integritas dan kredibilitas, pengetahuan serta wawasan, mereka juga dituntut menguasai keterampilan dasar seperti kemampuan mengoperasikan komputer. 

"Membentuk panwas kecamatan merupakan kewenangan Bawaslu kabupaten/kota. Melalui seleksi, kita ingin menaikkan kualifikasi yang tercermin melalui proses tersebut," tegasnya.

"Penyelenggara Pileg dan Pilpres 2019 menjadi pengalaman berarti bagi Bawaslu disemua jenjang. Sebab itu, hal tersebut akan bisa menjadi modal sosial dalam mengelola pengawasan pemilu Tahun 2020. Termasuk mengelola pelaksanaan tugas panwascam," beber mantan Sekretaris KPU Pacitan ini.

"Saya berpesan untuk selalu menjaga integritas dan kredibilitas serta selalu meningkatkan pengetahuan, keterampilan. Jaga nama baik keluarga besar dan selalu tunduk serta patuh terhadap peraturan perundang-undangan," imbuhnya. (yun/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO