Selasa, 31 Maret 2020 08:44

Kesultanan Bangkalan Gelar Deklarasi Pengukuhan Pengurus IKBPC

Minggu, 22 Desember 2019 21:33 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Aan Amrulloh
Kesultanan Bangkalan Gelar Deklarasi Pengukuhan Pengurus IKBPC
Pengukuhan Ketua Umum IKBPC. foto: AAN AMRULLOH/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Ikatan Keluarga Besar Pangeran Cokrokusumo (IKBPC), menggelar deklarasi dan pengukuhan kepengurusan masa bakti 2019-2022, di Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang, Minggu (22/12).

Tujuannya tak lain untuk menjalin silaturahim serta menjaga Marwah leluhurnya. IKBPC merupakan anak turun dari Pangeran Cokrokusumo (Raden Abdul Rasyid), yang masih keluarga dari Kesultanan Bangkalan, Madura.

"Niat utama saya ingin menyatukan IKBPC dengan Kesultanan Bangkalan. Yang kedua, saya ingin adik-adik saya tahu kepada leluhurnya yang ada di Bangkalan, sebagai bekas Kerajaan Madura Barat," ucap RP Abdul Hamid Mustari Cakra'adiningrat, usai acara deklarasi.

Masih menurut RP Abdul Hamid Mustari Cakra'adiningrat, salah satu Keturunan Kesultanan Bangkalan generasi ke-16 ini berharap agar semua keturunan Pangeran Cokrokusumo bisa melestarikan sejarah serta watak leluhurnya.

"Saya berharap agar bisa meningkatkan marwah leluhurnya, juga untuk menapak tilasi watak leluhur sebagai wibawa yang baik," tegas. RP Abdul Hamid.

Kerajaan Madura Barat atau yang dikenal dengan Bang Kulon, berdiri pada tahun 24 Oktober 1531 M, setelah Raden Pratanu naik tahta (Jadi Raja).

Raden Pratanu kemudian menyatakan Islam sebagai agama Kerajaan Bang Kulon. Keislaman Raden Bratanu berasal dari Kanjeng Sunan Kudus (Raden Ja'far Shodiq).

Menurut sejarah, Kerajaan Madura sendiri dibagi menjadi tiga bagian. Yakni, Bang Kulon meliputi wilayah Bangkalan dan Sampang, Bang Tengah wilayah Pamekasan, sedangkan Bang Wetan yaitu Sumenep.

Sementara, Ketua Umum IKBPC, Pramono Hadi, yang saat ini menjadi Kepada Desa Mojowangi, Kecamatan Mojowarno mengatakan, dirinya ingin membangun image dengan tujuan-tujuan yang positif.

"Kita ingin memperkuat ikatan keluarga yang nantinya bisa memunculkan nilai-nilai yang positif. Serta untuk memberikan pemahaman pada keluarga IKBPC bahwa leluhur kita ada di Madura," terangnya.

Pramono menambahkan, ini juga untuk mengingatkan pada generasi-generasi berikutnya atau yang akan datang. Ia berharap akan ada kunjungan atau ziarah bersama ke makam leluhurnya.

"Mudah-mudahan nanti bisa melakukan kunjungan atau ziarah ke makam-makam leluhur secara bersama-sama. Karena keluarga besar kami tidak hanya satu keyakinan, melainkan dari berbagai agama. Yang penting jangan mengurangi arti persaudaraan," pungkasnya.

Pengurus IKBPC tersebut tak hanya dari Jombang saja, melainkan dari seluruh keluarga di antaranya dari Sidoarjo, Surabaya, Kediri, Madiun, Malang, serta Madura. (jbg1/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...