Gubernur Jawa Timur Berlakukan Status Siaga Darurat Bencana Hidrometeorologi

Gubernur Jawa Timur Berlakukan Status Siaga Darurat Bencana Hidrometeorologi Suban Wahyudiono, Kepala BPBD Jatim.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur , Khofifah Indar Parawansa memberlakukan status siaga darurat bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, hingga angin puting beliung. Status itu berdasarkan Surat Keputusan Gubernur No.188/650/KPTS/013/2019 yang dikeluarkan pada tanggal 16 Desember 2019.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim, Suban Wahyudiono membenarkan adanya surat keputusan gubernur tersebut. Menurutnya, status itu berlaku sejak tanggal 16 Desember 2019 hingga 150 hari ke depan dan berlaku di seluruh daerah di .

"Karena itu, seluruh Kepala BPBD dan para kepala daerah diharapkan bersiaga dalam penanganan bencana hidrometeorologi yang berpotensi terjadi dalam beberapa bulan ke depan," tutur Suban, Jumat (20/12).

Suban melanjutkan, apabila dikemudian hari terjadi bencana meteorologi, maka status itu akan ditingkatkan menjadi surat keputusan tanggap darurat bencana. Ia menambahkan, pada tanggal 22 November Gubernur , Khofifah Indar Parawansa pun telah mengeluarkan surat imbauan kepada para kepala daerah untuk menyiapkan segala potensi untuk antisipasi bencana alam.

Di tingkat provinsi, gubernur juga mengimbau para kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan pemprov yang mempunyai fungsi penanggulangan bencana harus bekerja sama dengan pihak TNI-Polri untuk antisipasi bencana alam.

"Dengan adanya antisipasi ini maka diharapkan dalam kondisi siap menghadapi bencana hidrometeorologi. Selain itu, kami juga mengharapkan doa dari para ulama dan santri agar aman dari bencana alam," tandasnya.

Suban menjelaskan dari pemetaan BPBD ada 22 wilayah di Jatim yang rawan bencana hidrometeorologi jelang puncak musim hujan pada bulan Desember 2019 hingga Januari 2020.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO