Kantor Kemenag Kota Batu Terima Pendaftaran CJH 2020

Kantor Kemenag Kota Batu Terima Pendaftaran CJH 2020 Kepala Kantor Kemenag Kota Batu, Drs. H. Nawawi, M.Fil.I.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Kendati pemberangkatan haji tahun 2020 masih dilaksanakan pada Juni tahun depan, namun Kemenag Kota Batu saat ini telah siap menerima pendaftaran Calon Haji (CJH).

Menurut Kepala Kantor Kemenag Kota Batu, Drs. H. Nawawi, M.Fil.I, saat ini Kemenag Batu sudah melayani pendaftaran haji secara terpadu satu pintu.

"Yang sudah mau daftar haji tahun 2020 cukup datang langsung ke Kemenag. Kami sudah melaksanakan pelayanan terpadu satu pintu sejak 2018 lalu. Di kantor ini sudah kami lengkapi dengan bank nya juga. Jadi, jamaah tidak perlu susah-sudah lagi mencari bank di luar," ujar Nawawi kepada BANGSAONLINE.com, Senin (16/12).

Ia mengungkapkan, selama ini CJH yang ingin mendaftar haji masih mencari bank di luar, kemudian baru datang ke Kantor Kemenag Batu. Karena sudah ada Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), jamaah cukup datang ke Kemenag membawa berkas yang dibutuhkan, antara lain membawa fotokopi KTP, KK, akte kelahiran atau bisa juga ijazah, surat nikah, serta uang pendaftaran Rp 25 juta.

"Uang pendaftaran ini sudah termasuk biaya bimbingan manasik haji yang diadakan Kemenag Kota Batu. Sedangkan biaya perjalanan ibadah haji masih sama dengan tahun 2019, yakni sekitar Rp 36 juta," jelasnya.

Adapun kuota CJH untuk Jawa Timur tahun 2020 sekitar 34 ribu orang. Untuk Kota Batu sendiri tahun 2019 sebanyak 311 orang. Menurutnya, Kemenag Batu tidak menargetkan jumlah CJH tahun 2020. Pasalnya, jamaah yang berangkat berdasarkan porsi yang masuk dan pelunasan. Diperkirakan CJH tahun 2020 kloter pertama Jawa Timur masuk Asrama Haji Sukolilo Surabaya tanggal 25 Juni 2020. (asa/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO