Ribuan Siswa Madrasah di Batu Terima Kenaikan Dana BOS

Ribuan Siswa Madrasah di Batu Terima Kenaikan Dana BOS H. Rohmatulloh, Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kemenag Kota Batu.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Ribuan siswa madrasah di Kota Batu, mulai tingkat MI, MTs, dan MA akan menerima kenaikan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Rp 100.000 per siswa pada tahun ini. Hal ini menyusul disetujuinya usulan Kementerian Agama (Kemenag) terkait tambahan anggaran BOS oleh Kementerian Keuangan.

"Semoga ini bisa dimanfaatkan madrasah untuk optimalisasi pembelajaran daring maupun untuk pencegahan penyebaran covid-19 di lembaga pendidikan," ujar H. Rohmatulloh, Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kemenag Kota Batu, Selasa (20/10).

Ia menjelaskan, dana BOS yang diterima siswa MI naik menjadi Rp 900 ribu per siswa, siswa MTs sebesar Rp 1.100.000 per siswa, dan siswa MA dan MAK naik menjadi Rp 1.500.000 per siswa.

Ditanya tentang teknik penyalurannya, Rohmatullah mengungkapkan dilakukan per semester tahun anggaran. Semester 1 bulan Januari hingga Juni 2020 yang dicairkan bulan Maret 2020. Semester 2 bulan Juli hingga Desember 2020 dan dicairkan September 2020.

"Kuota BOP dan BOS dibagikan berdasarkan jumlah murid pada masing-masing satuan pendidikan, baik RA maupun madrasah. Teknisnya, tiap lembaga mengajukan proposal pencairan sesuai kuota ke Kemenag Kota Batu. Selanjutnya proposal diverifikasi. Jika sudah valid diproses dengan menandatangani perjanjian kerja sama antara Kemenag dan Kepala RA atau madrasah," terangnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kota Batu, Dr. H. Nawawi mengungkapkan dengan adanya kenaikan anggaran BOS ini, paling tidak akan meringankan beban lembaga pendidikan dalam melaksanakan pembelajaran yang pada akhirnya semakin memaksimalkan tercapainya tujuan pendidikan, baik di madrasah maupun di pesantren.

Adapun jumlah siswa penerima BOS di Kota Batu, untuk MI sebanyak 14 lembaga dengan jumlah siswa 4.124, MTs sebanyak 5 lembaga dengan jumlah siswa 2.055, dan tingkat MA sebanyak 3 lembaga dengan jumlah siswa 1.484. (asa/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO