Rabu, 30 September 2020 05:25

Warga Giri Tagih Janji Sambari Perbaiki Pelinggihan Giri Kedaton

Jumat, 13 Desember 2019 14:33 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
Warga Giri Tagih Janji Sambari Perbaiki Pelinggihan Giri Kedaton
Gilang Gilang Adiwidya dan Mohtar di Pelinggihan Giri Kedaton. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Menjelang berakhirnya masa jabatan Sambari Halim Radianto sebagai Bupati Gresik yang tinggal 1,2 tahun lagi, masyarakat Giri Kecamatan Kebomas menagih janji yang pernah disampaikan saat kampanye Pilbup Gresik 2015 lalu.

"Jadi, sebelum dilaksanakan Pilbup Gresik pada tanggal 9 Desember 2015, Pak Bupati Sambari hadir di Giri kedaton bersama staf dan jajarannya. Pada saat itu, kebetulan do'a bersama dalam rangka HUT ke-42 Kota Gresik dan Hari Jadi Kota Gresik ke-529 tepatnya 9 Maret 2015," ujar Adiwidya (45), anggota perkumpulan kaum Giri/Makam Sunan Giri kepada BANGSAONLINE.com, Jumat (13/12)

"Saat itu, KH. Mukhtar Jamil meminta agar Pelingihan di Giri Kedaton (tempat Kanjeng Sunan Giri mengangkat raja-raja nusantara) diperhatikan dengan dibangun pagar. Langkah ini untuk menjaga kelestariannya agar bukti sejarah tetap terjaga buat anak cucu," kata Gilang Adiwidya menirukan KH. Mukhtar Jamil.

Lanjut Gilang, saat itu juga disampaikan langsung kepada Bupati Sambari supaya batu pelingihan ditata rapi dan dibuatkan pagar. "Hal ini agar semua pengunjung tidak asal masuk, karena pentingnya tempat itu," jelasnya.

Lalu apa respons Bupati ketika itu? Gilang mengungkapkan, bahwa Bupati berjanji akan segera melakukan perbaikan dan menyiapkan anggarannya pada APBD 2016. "Pernyataan Pak Bupati ketika itu juga disaksikan asisten pribadinya yang mendampingi, dan Mohtar (65), juru kunci Giri Kedaton," ungkapnya.

Namun, janji itu hingga sekarang belum direalisasikan. "Makanya, kami sampai saat ini masih menagih janji itu. Ironisnya, batu di pelinggihan akhirnya longsor tanpa perhatian hingga sekarang," katanya.

Sekadar diketahui, batu pelingihan atau Batu Gilang di situs Giri Kedaton jadi saksi sejarah sebagai tempat Kanjeng Sunan Giri dinobatkan sebagai Raja Giri dengan Gelar Prabu Satmata pada tanggal 9 Maret 1487 yang ditetapkan sebagai Hari Jadi Kota Gresik.

Kemudian, tempat Joko Tingkir/Mas Kerebet dinobatkan Jadi Raja Pajang Pertama (Jawa Tengah) oleh Kanjeng Sunan Giri ke IV (Sunan Prapen) dengan nama Sultan Hadiwijaya yang memerintah pada tahun 1549 - 1582. (hud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Senin, 28 September 2020 22:43 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*32. waidhrib lahum matsalan rajulayni ja’alnaa li-ahadihimaa jannatayni min a’naabin wahafafnaahumaa binakhlin waja’alnaa baynahumaa zar’aanDan berikanlah (Muhammad) kepada mereka sebuah perumpamaan, dua...
Minggu, 27 September 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...