Gelar Appreciation Day 2019, PKH Surabaya Beri Penghargaan Pendamping Berprestasi dan KPM Graduasi

Gelar Appreciation Day 2019, PKH Surabaya Beri Penghargaan Pendamping Berprestasi dan KPM Graduasi Humidatun Nisa’ (paling kanan) bersama panitia kegiatan saat rapat membahas persiapan Appreciation Day 2019.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Program Keluarga Harapan () Kota Surabaya bakal menggelar Appreciation Day di Kapas Krampung Plaza, Kamis (12/12/19) mendatang. Acara ini menjadi ajang pemberian penghargaan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang berani mengundurkan diri dari kepesertaan atau disebut Graduasi.

Humidatun Nisa’, S.Sos, Supervisor Kota Surabaya mengatakan, KPM yang bakal mendapatkan penghargaan adalah mereka yang graduasi secara mandiri. Yakni, mengundurkan diri sebagai penerima manfaat , karena sudah merasa mampu dan mempunyai usaha sehingga taraf ekonominya meningkat.

“Acara ini juga akan memberikan penghargaan kepada Pendamping Terbaik, Pendamping dengan Graduasi Terbanyak, dan Administrator Pangkalan Data (APD) Terbaik,” ujar Nisa’.

Dia mengungkapkan, perolehan angka graduasi di Surabaya mencapai 146 KPM, dari total 48.484 KPM yang tersebar di 31 Kecamatan di Surabaya. Graduasi KPM itu berkat kerja Pendamping Sosial yang rutin mengadakan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2).

“Ada banyak modul yang didiskusikan antara Pendamping dengan KPM saat P2K2, di antaranya mengenai Pendidikan dan Pengasuhan Anak, Pengelolaan Keuangan dan Perencanaan Usaha, hingga Kesehatan dan Gizi,” paparnya.

Selain melalui P2K2, Graduasi terhadap 146 KPM itu juga berkat inisiatif Pendamping yang kerap menggelar pelatihan-pelatihan. “Melalui pelatihan-pelatihan itu, KPM diharapkan tidak hanya mengandalkan bantuan berupa uang yang diberikan Kemensos, tetapi juga mempunyai keterampilan yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas hidup,” terangnya.

Dalam acara yang mengambil tema, “Meraih Keluarga Produktif Sejahtera” itu, Kota Surabaya juga bakal melakukan penandatanganan MoU dengan sejumlah kampus untuk edupreneur KPM Kota Surabaya. Yakni Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I), Universitas Sunan Giri (Unsuri), dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi International Business Management (STIE IBMT) Surabaya.

Wanita yang hingga kini masih menjomblo ini menambahkan, bahwa Surabaya Appreciation Day 2019 kali ini diselenggarakan secara swadaya oleh pendamping. “Di antara donatur yang turut berkontribusi dalam kegiatan ini adalah, e-Warong, Kasie dan Kabid Kesejahteraan Sosial Dinas Sosial Kota Surabaya, serta Kapas Krampung Mall yang sudah memfasilitasi sarana dan prasarana untuk kelancaran acara,” pungkasnya. (*/red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO