Kamis, 23 Januari 2020 02:25

Gelar Appreciation Day 2019, PKH Surabaya Beri Penghargaan Pendamping Berprestasi dan KPM Graduasi

Selasa, 10 Desember 2019 23:02 WIB
Editor: Redaksi
Gelar Appreciation Day 2019, PKH Surabaya Beri Penghargaan Pendamping Berprestasi dan KPM Graduasi
Humidatun Nisa’ (paling kanan) bersama panitia kegiatan saat rapat membahas persiapan Appreciation Day 2019.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Program Keluarga Harapan (PKH) Kota Surabaya bakal menggelar Appreciation Day di Kapas Krampung Plaza, Kamis (12/12/19) mendatang. Acara ini menjadi ajang pemberian penghargaan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang berani mengundurkan diri dari kepesertaan PKH atau disebut Graduasi.

Humidatun Nisa’, S.Sos, Supervisor PKH Kota Surabaya mengatakan, KPM yang bakal mendapatkan penghargaan adalah mereka yang graduasi secara mandiri. Yakni, mengundurkan diri sebagai penerima manfaat PKH, karena sudah merasa mampu dan mempunyai usaha sehingga taraf ekonominya meningkat.

“Acara ini juga akan memberikan penghargaan kepada Pendamping Terbaik, Pendamping dengan Graduasi Terbanyak, dan Administrator Pangkalan Data (APD) Terbaik,” ujar Nisa’.

Dia mengungkapkan, perolehan angka graduasi di Surabaya mencapai 146 KPM, dari total 48.484 KPM yang tersebar di 31 Kecamatan di Surabaya. Graduasi KPM itu berkat kerja Pendamping Sosial PKH yang rutin mengadakan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2).

“Ada banyak modul yang didiskusikan antara Pendamping dengan KPM saat P2K2, di antaranya mengenai Pendidikan dan Pengasuhan Anak, Pengelolaan Keuangan dan Perencanaan Usaha, hingga Kesehatan dan Gizi,” paparnya.

Selain melalui P2K2, Graduasi terhadap 146 KPM itu juga berkat inisiatif Pendamping PKH yang kerap menggelar pelatihan-pelatihan. “Melalui pelatihan-pelatihan itu, KPM diharapkan tidak hanya mengandalkan bantuan berupa uang yang diberikan Kemensos, tetapi juga mempunyai keterampilan yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas hidup,” terangnya.

Dalam acara yang mengambil tema, “Meraih Keluarga Produktif Sejahtera” itu, PKH Kota Surabaya juga bakal melakukan penandatanganan MoU dengan sejumlah kampus untuk edupreneur KPM PKH Kota Surabaya. Yakni Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I), Universitas Sunan Giri (Unsuri), dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi International Business Management (STIE IBMT) Surabaya.

Wanita yang hingga kini masih menjomblo ini menambahkan, bahwa PKH Surabaya Appreciation Day 2019 kali ini diselenggarakan secara swadaya oleh pendamping. “Di antara donatur yang turut berkontribusi dalam kegiatan ini adalah, e-Warong, Kasie dan Kabid Kesejahteraan Sosial Dinas Sosial Kota Surabaya, serta Kapas Krampung Mall yang sudah memfasilitasi sarana dan prasarana untuk kelancaran acara,” pungkasnya. (*/red)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 20 Januari 2020 10:16 WIB
KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Lembah Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu tidak hanya menyimpan potensi wisata pemandian air panasnya yang sangat terkenal itu.Satu aset wisata terpendam Kota Batu yang belum tergali adal...
Senin, 13 Januari 2020 16:17 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanKHM Yusuf Hasyim wafat pada 14 Januari 2007. Putra Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy'ari itu selain dikenal sebagai tokoh NU dan komandan Laskar Hizbullah juga pengasuh Pesantren Tebuireng selama 41 tahun (1965-2006). Untuk mengenan...
Senin, 20 Januari 2020 14:29 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*79. Wamina allayli fatahajjad bihi naafilatan laka ‘asaa an yab’atsaka rabbuka maqaaman mahmuudaanDan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan...
Selasa, 21 Januari 2020 13:25 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...