Senin, 13 Juli 2020 19:39

Bantu Petani Jelang Musim Tanam, PWI Gandeng Kodim Lamongan Gerebek Tikus

Selasa, 10 Desember 2019 21:52 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Nurqomar Hadi
Bantu Petani Jelang Musim Tanam, PWI Gandeng Kodim Lamongan Gerebek Tikus
Pengendalian hama tikus dilakukan secara bersama di Desa Paji, Kecamatan Pucuk, Lamongan.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Sejumlah wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Lamongan membantu petani dalam membasmi hama tikus menjelang musim tanam.

PWI-TNI Kodim 0812 Lamongan menggandeng Dinas Ketahanan Pangan dan Perkebunan Holtikulultura bersama petani bersatu melawan hama tikus di Desa Paji, Kecamatan Pucuk.

"Gerebek tikus merupakan inisiasi kami wartawan yang tergabung dalam PWI sebagai upaya membantu para petani untuk menghadapi permasalahan hama tikus yang semakin mewabah," kata Ketua PWI Lamongan, Bachtiar Febrianto di Balai Desa Paji, Selasa (10/12).

Dijelaskan Febri, PWI menggandeng anggota Kodim 0812 Lamongan dan dinas setempat untuk bersatu dan bersinergi sebagai persiapan memasuki masa tanam yang akan dilakukan para petani.

"Wabah hama tikus sejak tahun lalu dan tahun 2019 ini, keberadaan tikus menyebabkan hasil panen para petani menurun. Untuk itu kita bersama melakukan kegiatan gerebek tikus," jelasnya.

Menurut Febri, kegiatan ini merupakan rangkaian Hari Pers Nasional yang tepatnya nanti pada tanggal 9 Pebruari 2020. Ia mengaku sudah melaksanakan beberapa kegiatan di wilayah lain. 

"Selain itu, kita juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat, agar masyarakat mengetahui bahwa wartawan dapat bermanfaat kepada masyarakat. Apabila ada wartawan yang meresahkan masyarakat itu adalah wartawan abal-abal. Dan wartawan yang tergabung dalam PWI jumlahnya sangat sedikit sedangkan oknum yang mengaku sebagai wartawan jumlahnya banyak," terangnya.

Di tempat yang sama , Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Pangan, Perkebunan dan Holtikultura Anton Sujarwo menegaskan perlu kebersamaan agar tidak ada kesempatan bagi tikus untuk berkembang biak. Mengingat Lamongan sendiri merupakan hasil beras tertinggi se-Jatim.

Anton mengakui jika pengendalian hama tikus hampir merata dilakukan di seluruh kecamatan di Kabupaten. Lamongan. 

"Sejauh ini gerakan pengendalian hama tikus kita lakukan secara merata dan kita lakukan secara bersama-sama," pungkasnya.

Sementara Kasdim 0812/Lamongan Mayor Arh G.N Putu Ardana, S.S Kasdim 0812/Lamongan sangat mengapresiasi kegiatan PWI Lamongan.

"Kami harapkan kegiatan ini jangan seremonial saja, namanya gerebek tikus yang menggerebek harus lebih banyak daripada yang digerebek, sehingga hasilnya maksimal," ucapnya. 

Kasdim juga menuturkan bahwa dengan merebaknya hama tikus berarti ada ekosistem yang tidak seimbang. Ia menontohkan ular dan burung hantu yang banyak diburu oleh masyarakat. (qom/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Jumat, 10 Juli 2020 21:04 WIB
Oleh: Ibnu Rusydi Sahara*“Sampean dari Surabaya?” Teman saya kerap menerima pertanyaan itu, manakala turun dari bus antarkota yang membawanya dari Surabaya di beberapa kota di Jawa Timur. Yang bertanya tukang ojek. Yang biasa mangkal di sep...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Sabtu, 11 Juli 2020 01:28 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...