Pemkot Pasuruan Optimalkan Peran Satlinmas Melalui Peningkatan Kualitas dan Kapasitas

Pemkot Pasuruan Optimalkan Peran Satlinmas Melalui Peningkatan Kualitas dan Kapasitas Sekdakot Pasuruan Bahrul Ulum (kanan) didampingi Plt. Kepala Satpol PP Yanuar Afriansyah.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota Pasuruan melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) melaksanakan kegiatan sosialisasi perlindungan masyarakat dalam keamanan lingkungan dan siaga bencana bertempat di Hotel Transit Kota Pasuruan, Kamis (5/12). Kegiatan tersebut secara resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Pasuruan Bahrul Ulum. 

Dalam sambutannya, sekdakot memaparkan tentang pentingnya perlindungan masyarakat (Linmas) dalam mendukung keamanan dan ketertiban umum masyarakat. Karena itu, menurutnya peran Satlinmas sangat penting.

"Keberadaan dan peran Satlinmas diharapkan dapat membantu tugas TNI-Polri dalam menciptakan dan mewujudkan keamanan, ketenteraman, dan ketertiban masyarakat, serta penanggulangan bencana dan kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya," tuturnya.

Dalam kesempatan ini, Sekdakot juga menyampaikan upaya Pemkot Pasuruan untuk meningkatkan SDM Linmas, melalui peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan sikap. "Optimalisasi peran Satlinmas yang sesuai tugas dan fungsinya menjadi suatu harapan. Harapan-harapan tersebut hanya dapat dicapai apabila Satlinmas memiliki kualitas dan kapasitas, baik dari sisi maupun dari sisi jumlah, pengetahuan (kemampuan), keterampilan, serta sikap perilaku personel," ujarnya.

"Untuk mewujudkan ini, diperlukan upaya memperkuat peran dari masyarakat dalam ikut menjaga kamtibmas di lingkungannya masing-masing. Karena tugas dan fungsi perlindungan masyarakat tidak hanya berkaitan dengan keamanan, namun mempunyai cakupan lebih luas yang meliputi seluruh tata kehidupan masyarakat," pungkasnya.

Sementara Plt. Kepala Satpol PP Kota Pasuruan Yanuar Afriansyah mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas anggota Satlinmas, utamanya keterampilan dalam bersikap, melalui pemberdayaan dan pendayagunaan Satlinmas pada kegiatan keamanan lingkungan.

"Adapun sasaran untuk mewujudkan kemampuan anggota Satlinmas dalam memahami tugas dan kewajiban, sesuai pokok dan fungsinya sebagaimana peraturan perundang-undangan, serta mewujudkan peningkatan profesionalitas Satlinmas baik dari sisi organisasi dan tugasnya," katanya.

Acara ini diikuti 75 orang peserta, terdiri dari unsur anggota Satlinmas, Kepala Seksi Ketenteraman dan Ketertiban Kecamatan, dan Kepala Seksi Pemerintahan Kelurahan se-Kota Pasuruan.

Dalam kesempatan ini, juga dilakukan penyerahan secara simbolis uang pembinaan bagi pemenang Lomba Poskamling Tingkat Kota Pasuruan yang diikuti oleh 15 kelurahan perwakilan dari 4 kecamatan kepada pemenang. Untuk juara I Poskamling Kelurahan Purutrejo Kecamatan Purworejo, Juara II Poskamling Kelurahan Petamanan Kecamatan Panggungrejo, dan Juara III Poskamling Kelurahan Bukir Kecamatan Gadingrejo.

Turut hadir dalam acara ini, Asisten Administrasi Pemerintahan, Kepala OPD Terkait, Camat/Lurah se-Kota Pasuruan, dan narasumber. (ard/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO