Anggaran Normalisasi Naik, agar Jangkau Lebih Banyak Irigasi

Anggaran Normalisasi Naik, agar Jangkau Lebih Banyak Irigasi Empat unit eskavator baru untuk mendukung normalisasi.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pada tahun 2020 menggelontorkan anggaran miliaran rupiah untuk kegiatan normalisasi puluhan irigasi dan saluran pembuangan. Hal ini dilakukan untuk mengatasi pendangkalan saluran irigasi di wilayah Kabupaten Pasuruan, sehingga mengurangi permasalahan banjir yang kerap menggenangi pemukiman warga.

Kegiatan normalisasi pada 2020 nanti akan dilakukan di 24 kecamatan dengan melakukan pengerukan di bebeberapa jaringan irigasi, saluran pembuang, serta beberapa sungai.

Menurut Kepala Dinas Dinas Sumber Daya Air dan Tata Ruang Ir. Misbah Zunib yang dikonfirmasi BANGSAONLINE.com, anggaran untuk normalisasi ada kenaikan di tahun 2020 nanti, "Tahun 2020 nanti sudah mengalokasikan anggaran Rp 4,7 miliar rupiah yang bersumber dari APBD II untuk normalisasi," jelas Misbah.

Tak hanya anggaran normalisasi saja yang ditambah, juga menambah 4 unit kendaraan berat jenis eskavator jenis CAT 320 (2 unit ukuran kecil dan 2 unit ukuran besar). Penambahan armada ini untuk mempermudah penanganan normalisasi di medan sulit yang tidak bisa ditangani oleh tenaga manual.

"Untuk tahun 2019 ini, kegiatan normalisasi yang sudah dikerjakan sebanyak 83 titik, di mana untuk penanganan ada yang menggunakan tenaga manual dan menggunakan alat berat. Dengan adanya penambahan anggaran, jumlah dan volume yang akan dinormalisasi juga lebih banyak," ujar Misbah. (bib/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO