Sabtu, 28 Maret 2020 22:12

Awal Januari, Gerbong Mutasi Pejabat di Pemkab Pacitan Kembali Bergulir

Rabu, 04 Desember 2019 12:58 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Yuniardi Sutondo
Awal Januari, Gerbong Mutasi Pejabat di Pemkab Pacitan Kembali Bergulir
Sekda Pacitan, Heru Wiwoho Supadi Putro. (foto: Yuniardi Sutondo/BO)

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Gerbong mutasi pejabat struktural lingkup Pemkab Pacitan bakal segera bergulir. Meski, Pemkab Pacitan baru saja memutasi sebanyak 52 pejabat belum lama ini.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pacitan, Heru Wiwoho Supadi Putro mengatakan ada dua kursi jabatan eselon IIb yang akan dilakukan proses assessment. Kedua jabatan tersebut yaitu staf ahli bupati.

"Memang ada dua lowongan staf ahli bupati yang akan segera diisi. Saat ini lagi proses pendaftaran assessment," kata Heru saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Rabu (4/12).

Menurut Heru, mutasi pejabat akan dilaksanakan paling akhir pada awal Januari 2020. Hal tersebut merujuk ketentuan aturan, enam bulan sebelum penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati merupakan batas akhir seorang bupati definitif mengambil kebijakan mutasi pejabat.

"Bisa saja lepas dari ketentuan itu melakukan mutasi, apabila dalam kondisi mendesak. Akan tetapi harus seizin Mendagri," jelas sekda.

Dalam kesempatan itu, Heru juga menyampaikan kebijakan pemerintah pusat yang hendak melaksanakan kebijakan menghapus jabatan struktural eselon III dan IV menjadi fungsional. Dimungkinkan, kebijakan itu akan dilaksanakan sekitar Juni atau Juli tahun depan.

"Kebijakan tersebut jelas akan cukup berpengaruh terhadap konstelasi birokrasi di semua jenjang pemerintahan. Sebab wacana yang ada, jabatan struktural itu hanya dipegang sekda, kepala OPD, dan camat. Untuk Sekertaris OPD kabarnya masih akan dipertahankan, namun itu juga belum pasti. Akan tetapi untuk level Kabag akan dihapus menjadi fungsional," beber dia.

Sementara itu, Kabag Hukum Setkab Pacitan Deni Cahyantoro belum bisa memberikan keterangan. Saat dihubungi melalui ponselnya, yang bersangkutan tengah mengikuti rapat dinas. "Maaf saya masih rapat," katanya melalui sambungan telepon. (yun/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 02:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*84. Qul kullun ya’malu ‘alaa syaakilatihi farabbukum a’lamu biman huwa ahdaa sabiilaan.Katakanlah (Muhammad), “Setiap orang berbuat sesuai dengan pembawaannya masing-masing.” Maka Tuhanmu lebih mengeta...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...