Senin, 20 Januari 2020 19:26

Awal Januari, Gerbong Mutasi Pejabat di Pemkab Pacitan Kembali Bergulir

Rabu, 04 Desember 2019 12:58 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Yuniardi Sutondo
Awal Januari, Gerbong Mutasi Pejabat di Pemkab Pacitan Kembali Bergulir
Sekda Pacitan, Heru Wiwoho Supadi Putro. (foto: Yuniardi Sutondo/BO)

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Gerbong mutasi pejabat struktural lingkup Pemkab Pacitan bakal segera bergulir. Meski, Pemkab Pacitan baru saja memutasi sebanyak 52 pejabat belum lama ini.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pacitan, Heru Wiwoho Supadi Putro mengatakan ada dua kursi jabatan eselon IIb yang akan dilakukan proses assessment. Kedua jabatan tersebut yaitu staf ahli bupati.

"Memang ada dua lowongan staf ahli bupati yang akan segera diisi. Saat ini lagi proses pendaftaran assessment," kata Heru saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Rabu (4/12).

Menurut Heru, mutasi pejabat akan dilaksanakan paling akhir pada awal Januari 2020. Hal tersebut merujuk ketentuan aturan, enam bulan sebelum penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati merupakan batas akhir seorang bupati definitif mengambil kebijakan mutasi pejabat.

"Bisa saja lepas dari ketentuan itu melakukan mutasi, apabila dalam kondisi mendesak. Akan tetapi harus seizin Mendagri," jelas sekda.

Dalam kesempatan itu, Heru juga menyampaikan kebijakan pemerintah pusat yang hendak melaksanakan kebijakan menghapus jabatan struktural eselon III dan IV menjadi fungsional. Dimungkinkan, kebijakan itu akan dilaksanakan sekitar Juni atau Juli tahun depan.

"Kebijakan tersebut jelas akan cukup berpengaruh terhadap konstelasi birokrasi di semua jenjang pemerintahan. Sebab wacana yang ada, jabatan struktural itu hanya dipegang sekda, kepala OPD, dan camat. Untuk Sekertaris OPD kabarnya masih akan dipertahankan, namun itu juga belum pasti. Akan tetapi untuk level Kabag akan dihapus menjadi fungsional," beber dia.

Sementara itu, Kabag Hukum Setkab Pacitan Deni Cahyantoro belum bisa memberikan keterangan. Saat dihubungi melalui ponselnya, yang bersangkutan tengah mengikuti rapat dinas. "Maaf saya masih rapat," katanya melalui sambungan telepon. (yun/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 20 Januari 2020 10:16 WIB
KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Lembah Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu tidak hanya menyimpan potensi wisata pemandian air panasnya yang sangat terkenal itu.Satu aset wisata terpendam Kota Batu yang belum tergali adal...
Senin, 13 Januari 2020 16:17 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanKHM Yusuf Hasyim wafat pada 14 Januari 2007. Putra Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy'ari itu selain dikenal sebagai tokoh NU dan komandan Laskar Hizbullah juga pengasuh Pesantren Tebuireng selama 41 tahun (1965-2006). Untuk mengenan...
Senin, 20 Januari 2020 14:29 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*79. Wamina allayli fatahajjad bihi naafilatan laka ‘asaa an yab’atsaka rabbuka maqaaman mahmuudaanDan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan...
Kamis, 16 Januari 2020 12:56 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...