Kamis, 13 Agustus 2020 03:47

OPD dan para Camat Diminta Sigap Tangani Bencana

Selasa, 03 Desember 2019 16:22 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ahmad Habibi
OPD dan para Camat Diminta Sigap Tangani Bencana
Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf saat melihat peralatan BPBD yang disiapkan untuk penanganan bencana dalam apel, Selasa (3/12) kemarin.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Potensi bencana banjir dan tanah longsor jelang musim penghujan bisa sewaktu-waktu terjadi di Kabupaten Pasuruan. Sesuai dengan prediksi dari BMKG menyebutkan, awal musim hujan di Kabupaten Pasuruan diperkirakan terjadi pada minggu II bulan Desember tahun 2019 ini. Sementara hujan deras akan terjadi pada bulan Maret 2020 nanti.

Terkait hal ini, Bupati Pasuruan H. M. Irsyad Yusuf, S.E., M.M.A. meminta kepada para kepala OPD terkait seperti DPU Bina Marga, Dinas Sumberdaya Air, BPBD, dan para Camat untuk lebih waspada dan melakukan kesiapsiagaan di masing-masing wilayah. Ia meminta mereka intens melakukan koordinasi dengan jajaran Muspika untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya musibah bencana banjir dan tanah longsor.

Untuk diketahui, ada 6 kecamatan di 12 desa di Kabupaten Pasuruan yang memang rawan terjadi bencana banjir dan tanah longsor pada saat musim hujan tiba. Di antaranya Kecamatan Kraton, Bangil, Beji, Gempol, Rejoso, dan Kecamatan Tosari. Sedangkan kecamatan lainnya relatif lebih aman.

Namun demikian, Irsyad meminta kepada para camat untuk selalu waspada dan secepatnya menyampaikan informasi bila terjadi musibah bencana di wilayahnya.

"Dengan informasi lebih dini, maka diharapkan penanganan bencana bisa lebih cepat tepat agar tidak menimbulkan kerugian material maupun korban jiwa di masyarakat. Dalam penanganan bencana juga hendaknya menggandeng semua elemen masyarakat, ormas, pemerhati lingkungan, juga TNI-Polri," jelas orang nomor 1 di Pasuruan ini dalam apel gelar kesiapsiagaan bencana, SELASA (3/12).

Untuk mengatasi permasalah banjir di Kabupaten Pasuruan sendiri, Pemkab sudah melakukan kordinasi dengan dinas vertikal, yakni BBWS, sebagai bentuk antisipasi dengan melakukan normalisasi sungai Welang, sungai Kedunglarang, sungai Rejoso, serta pemanfaatan Kali Mati untuk memperlancar aliran air sungai Wrati. Di mana sebelumnya,  ratusan rumah warga di sekitar Beji kerap tergenang luapan air banjir pada saat puncak musim hujan.

Terpisah, Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan Bhakti Jati Permana mengatakan bahwa pemkab telah mengalokasikan anggaran untuk penanganan bencana. "Kita terus melakan persiapan dan melakukan kordinasi jelang musim penghujan nanti, termasuk kewaspadaan di beberapa wilayah yang memang menjadi langganan bencana banjir dan tanah longsor," jelas Bhakti. (bib/par/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 12 Agustus 2020 20:53 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur panjang sekaligus meningkatkan bentuk pelayanan, KAI Daop 7 Madiun akan mengoperasikan dua KA Brantas, yakni KA 117 dan KA 118 relasi Blitar-Pasar Senen.Manajer Humas PT KAI Dao...
Senin, 10 Agustus 2020 18:53 WIB
Oleh: M Mas'ud AdnanApollinaris Darmawan - seorang kakek – sangat rajin menghina dan memfitnah agama Islam dan Nabi Muhammad. Dari jejak digitalnya, Apollinaris yang non muslim itu kurang lebih 10 tahun menghina Islam dan juga tokoh-tokoh Islam ...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...