Hari Pertama, Bawaslu Situbondo Terima 36 Pendaftar Panwascam Pilkada 2020

Hari Pertama, Bawaslu Situbondo Terima 36 Pendaftar Panwascam Pilkada 2020 Suasana pendaftaran Panwaslu Kecamatan di Kantor Bawaslu Situbondo.

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Situbondo secara resmi membuka pendaftaran Panitia Pengawas Kecamatan (Panwas) untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Situbondo tahun 2020, sejak Rabu (27/11). Terhitung ada sebanyak 36 pelamar di hari pertama yang resmi mendaftar.

Sekretaris Kelompok Kerja (Pokja) Pembentukan Panwas Kecamatan , Rocky Syahbana mengatakan, bahwa diperkirakan pendaftar akan terus bertambah seiring masih lamanya masa pendaftaran.

"Hari ini merupakan hari pertama dibukanya pendaftaran. Sampai jam 4 sore ini, sudah ada sebanyak 36 pendaftar, jadi diperkirakan akan terus bertambah, karena masa pendaftaran ini akan terus berlangsung sampai tanggal 3 Desember mendatang," katanya, Rabu (27/11).

Rocky menjelaskan, dari 17 Kecamatan, membutuhkan sebanyak 51 anggota Panitia Pengawas (Panwas) Kecamatan. Berdasarkan peraturan yang berlaku, setiap Kecamatan akan diisi sebanyak 3 anggota Panwascam.

"Yang lolos administrasi akan diseleksi lewat tes tulis dan wawancara. Setelah itu akan diambil tiga orang tiap-tiap Kecamatan. Tentu saja yang dinyatakan lolos itu berdasarkan nilai tertinggi dari tes tulis dan wawancara tersebut," ujar Rocky.

Lebih lanjut, pria yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Kelurahan Patokan ini mengungkapkan, pelaksanaan tes kali ini berbeda dengan tes rekrutmen Panwascam sebelumnya. Jika sebelumnya tes tulisnya dilakukan secara manual, sekarang akan menggunakan sistem computer assisted test (CAT) yang langsung terhubung ke Bawaslu RI.

"Tes tulisnya pakai sistem CAT, yang tahu nilainya hanya Bawaslu RI dan masing-masing peserta. Sementara untuk tes wawancaranya itu nanti kewenangannya para pimpinan Bawaslu di sini yang berjumlah sebanyak lima orang," pungkasnya. (mur/had)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO