Ajak Masyarakat Ikut Awasi Pilkada 2020, Bawaslu Situbondo Gelar Gebyar Budaya

Ajak Masyarakat Ikut Awasi Pilkada 2020, Bawaslu Situbondo Gelar Gebyar Budaya Bawaslu Kabupaten Situbondo menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif melalui "Gelar Budaya", Sabtu (16/11) malam.

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Situbondo menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif melalui "Gelar Budaya", Sabtu (16/11) malam. 

Sejumlah budaya lokal Situbondo ditampilkan, di antaranya Situbondo Akuistik, Tari Landhung, Tari Topeng Kerte, Atraksi Api dan Canmacanan, serta pagelaran Wayang Topeng Kerte.

Menurut Ketua , Murtapik, S.Sos, keinginan pemilu berjalan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil sulit terwujud secara menyeluruh jika pengawasan pemilu hanya dilakukan oleh Bawaslu.

"Makanya kami mengajak kepada masyarakat untuk terlibat, berpartisipasi aktif bersama-sama melakukan pengawasan pelaksanaan pemilihan. Lebih-lebih pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Situbondo tahun 2020 mendatang," katanya.

Lebih lanjut ia memaparkan bahwa pengawasan partisipatif tidak hanya dilakukan saat proses pelaksanaan pemungutan suara di TPS, namun penting bagi masyarakat untuk hadir di setiap rangkaian tahapan penyelenggaraan pemilihan. Mulai dari pemutakhiran data pemilih sampai dengan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara, hingga rekapitulasi di tingkat kabupaten.

"Kehadiran masyarakat sangat penting, karena Bawaslu ini merupakan bentuk pelembagaan terhadap hak yang dimiliki masyarakat untuk melakukan pengawasan dalam setiap momentum pemilihan yang dilaksanakan oleh negara," ungkap Alumni Ponpes Mabdaul Arifin, Curah Jeru, Panji Situbondo ini.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO