Ajak Masyarakat Awasi Pemilu 2024, Bawaslu Situbondo Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

Ajak Masyarakat Awasi Pemilu 2024, Bawaslu Situbondo Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Suasana sosialisasi pengawasan partisipatif oleh Bawaslu Situbondo. Foto: SYAIFUL BAHRI/ BANGSAONLINE

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Situbondo menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif di salah satu hotel, Sabtu (4/3/2023). Kegiatan ini mengambil tema "mengawal demokrasi yang bersih dari hoax pada pemilu 2024 untuk masa depan Indonesia". 

Peserta sosialisasi ini dikuti 50 orang. Mereka terdiri dari unsur kelompok-kelompok masyarakat, pegiat media sosial, media online, dan elektronik.

Ketua Murtafik mengatakan sosialisasi pengawasan partisipatif ini penting agar pelaksanaan demokrasi pada pemilu 2024 berjalan dengan sukses dan aman.

"Tugas utama bawaslu adalah melakukan pengawasan. Kami tidak mungkin melakukan pengawasan sendiri, karenanya perlu melibatkan masyarakat untuk melakukan pengawasan pemilu 2024," ujarnya.

Pria yang karib disapa Lopa ini menjelaskan bahwa tantangan berat yang menanti pada pemilu 2024 adalah gencarnya hoax dan ujaran kebencian.

"Tantangan pada pemilu salah satunya adalah hoax dan ujaran kebencian. Informasi yang tidak jelas (hoax) atau kampanye hitam yang dapat memengaruhi pikiran masyarakat. Dan ini akan menimbulkan terjadinya pelanggaran pemilu," jelasnya.

Murtafik berharap dengan sosialisasi ini, masyarakat mendapat informasi yang cukup tentang aturan dan bentuk-bentuk pelanggaran pemilu.

"Forum seperti ini bagian ikhtiar menghindari terjadinya pelanggaran. Agar masyarakat tidak larut menyebarkan informasi tidak benar. Penting untuk menyosialisasikan tentang aturan dan bentuk pelanggaran agar diketahui dengan baik oleh masyarakat. Sehingga pemilu berjalan dengan aman dan sukses," pungkasnya. (sbi/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO