Tingkatkan Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Situbondo Ajak Masyarakat Hadiri Gebyar Budaya

Tingkatkan Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Situbondo Ajak Masyarakat Hadiri Gebyar Budaya Murtapik, S.Sos., Ketua Bawaslu Situbondo.

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Situbondo akan menggelar pagelaran Gebyar Budaya di Alun-alun Situbondo. Acara ini akan dilaksanakan tepat hari Sabtu, tanggal 16 November mendatang.

Menurut Ketua , Murtapik, S.Sos., pagelaran Gebyar Budaya Situbondo merupakan bagian dari pengembangan sosialisasi pengawasan partisipatif Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020.

"Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh untuk mengembangkan pengawasan partisipatif," katanya.

Menurutnya, menjelang tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 mendatang, membutuhkan kolaborasi yang kuat dengan seluruh komponen masyarakat. Baik ormas, komunitas seni dan budaya, nelayan, petani, buruh, penggiat media sosial, dan sebagainya.

"Ini sangat penting kita lakukan, karena peningkatan kolaborasi antara bawaslu dengan kelompok masyarakat sipil inilah yang menjadi kunci peningkatan partisipasi masyarakat dalam membantu kerja-kerja bawaslu di bidang pengawasan dalam pelaksanaan Pilkada mendatang," ucapnya.

Pria yang populer dengan nama Lopa ini mengungkapkan, ada beberapa seni dan budaya yang akan ditampilkan, di antaranya, Situbondo Akustik, Tari Landhung, Tari Topeng Kerte, Atraksi Api, dan Canmacanan, serta Pagelaran Wayang Topeng Kerte.

"Semua yang akan ditampilkan itu merupakan kesenian dan kebudayaan asli Situbondo. Sementara pagelaran Wayang Topeng Kerte akan ditampilkan paling akhir, dan akan didalangi oleh Ki Dalang Sunjoto," ungkapnya.

Selain tujuan utamanya untuk mengembangkan pengawasan partisipatif dalam Pilkada serentak tahun 2020 mendatang, Lopa juga mengajak masyarakat untuk mencintai dan melestarikan seni dan budaya lokal Situbondo.

"Untuk itu, kami mengajak seluruh masyarakat Situbondo menyaksikan pagelaran seni dan budaya yang akan digelar di alun-alun tersebut," pungkasnya. (mur/had)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO