Jumat, 10 Juli 2020 00:23

Sekda Gresik Kembali Diperiksa, Hariyadi Jamin Kliennya Kooperatif

Selasa, 26 November 2019 17:43 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Sekda Gresik Kembali Diperiksa, Hariyadi Jamin Kliennya Kooperatif
Hariyadi, S.H. saat memberikan keterangan pers. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Hariyadi, S.H., selaku kuasa hukum Sekda Gresik Andhy Hendro Wijaya menyatakan kalau kliennya terbukti kooperatif memenuhi panggilan penyidik Kejari Gresik.

Selasa (26/11) hari ini, kata Hariyadi, kliennya kembali mendatangi kantor Kejari Gresik untuk menjalani pemeriksaan kedua kalinya sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi pemotongan dana insentif pajak daerah pada Badan Pendapatan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Gresik. 

"Pak Sekda baru keluar dari Kejari Gresik menjalani pemeriksaan sekitar pukul 14.00 WIB," ujar Hariyadi saat dihubungi BANGSAONLINE.com, Selasa (26/11).

Untuk pemeriksaan kedua ini, kata Hariyadi, kliennya menjawab sebanyak 50 pertanyaan baru. "Semua pertanyaannya baru, tapi materi pertanyaan 90 persentase lama," ungkap mantan Anggota Fraksi PKB DPRD Gresik ini.

Hariyadi menyebut sekda diperiksa oleh penyidik mulai pukul 09.00-14.00 WIB. "Usai diperiksa ya Pak Sekda kembali bekerja," jelasnya.

Hariyadi menyatakan bahwa kliennya tak ditahan selama menjalani pemeriksaan. Sebab menurut dia, syarat penahanan seseorang tersangka itu ada alasan subyektif dan obyektif. Syarat subyektif, kata Hariyadi, dikhawatirkan tersangka melarikan diri. 

"Selama ini klien kami koperatif. Saat panggilan tersangka pertama memang tidak datang karena mencari penasehat hukum (PH), itu sah saja," paparnya.

Sementara syarat obyektif, tambah Hariyadi, dikhawatirkan tersangka menghilangkan barang bukti dan melakukan tindak pidana lagi. "Klien saya melakukan itu tidak mungkin karena tersangka sudah pindah jabatan dari Kepala BPPKAD sebagai Sekda, dan barang bukti (BB) sudah disita penyidik semua," terangnya.

Untuk itu, sebagai PH Sekda, Hariyadi berharap tidak ada penahanan kliennya karena jabatan kliennya sangat strategis dalam Pemerintahan Kabupaten Gresik. (hud/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Rabu, 01 Juli 2020 18:44 WIB
Oleh Fandi Akhmad Yani (Gus Yani)*Kring... Kring.. Kring.. "Hallo Pak Ketua". Terdengar suara lirih dari depan kantor DPRD Gresik saat saya keluar dari kantor. Adalah Mbah Amang Genggong. Sudah menjadi kebiasaannya setiap kali melintas di depan ged...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Jumat, 03 Juli 2020 22:23 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...