Jumat, 28 Februari 2020 03:54

Bawaslu Pacitan Siap Minimalisir Pelanggaran Pilkada 2020

Senin, 25 November 2019 19:57 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Yuniardi Sutondo
Bawaslu Pacitan Siap Minimalisir Pelanggaran Pilkada 2020
Muhammad Mashuri, Komisoner Bawaslu Pacitan. foto: YUNIARDI SUTONDO/ BANGSAONLINE

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Selama tahapan pemilu serentak nasional tahun 2019, Bawaslu Pacitan menemukan sebanyak 118 pelanggaran. Dari jumlah itu, 116 di antaranya merupakan pelanggaran administrasi berupa pemasangan alat peraga kampanye (APK) yang tidak memenuhi ketentuan. 

"Dua pelanggaran administrasi yang diselesaikan secara ajudikasi dan satu pelanggaran pidana pemilu namun berhenti sampai pembahasan kedua. Sebab keputusan atas tindakan tersebut harus ada kesepakatan dari tiga unsur gakumdu, yang terdiri dari Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan," kata Muhammad Mashuri, Koordinator Divisi Penindakan dan Pelanggaran Bawaslu Pacitan, Senin (25/11).

Pihaknya menghendaki kasus tersebut dilanjutkan, namun dari kepolisian menyatakan belum memenuhi unsur pidana. Kasus tersebut berkaitan dengan pemberian materi lainnya oleh salah seorang caleg.

Berangkat dari banyaknya kasus pelanggaran tersebut, Bawaslu mulai ancang-ancang untuk meminimalisir hal serupa saat pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2020 mendatang. Utamanya saat masa kampanye dan rekapitulasi perolehan suara. 

"Saat ini Bawaslu tengah mengadakan kegiatan berupa gelar seni budaya. Selain itu juga membentuk desa pengawasan untuk membangun desa anti money politic. Dan yang keempat saat ini juga tengah dilaksanakan sekolah kader. Tujuannya agar partisipasi masyarakat bisa ditingkatkan," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Mashuri juga menyinggung adanya alat peraga sosialisasi para bakal calon bupati dan wakil bupati yang sudah terpasang di banyak titik. Apakah ada pelanggaran ataukah tidak, dia menyatakan saat ini belum menjadi ranah Bawaslu. Sebab mereka belum ditetapkan sebagai calon. 

"Sepenuhnya itu ranah Pemda dengan perangkat terkait untuk menyikapinya," tandasnya.

Terkait hal ini, Kepala Bapenda Pacitan Sakundoko belum bisa dikonfirmasi. "Maaf saya masih rapat dinas," katanya singkat, saat dikonfirmasi melalui ponselnya.

Di lain tempat, Kepala Badan Satpol PP Pemkab Pacitan Widi Sumardji menyatakan, sebagaimana amanah Perda 4/18 tentang Penyelenggaraan Reklame, pemasangan alat peraga sosialisasi para bakal calon tersebut memang terlebih dulu harus dilengkapi perizinan dan biaya pajak. Akan tetapi, sebagai institusi penegak Perda, pihaknya masih memberikan toleransi dan sikap persuasif. 

"Secara normatif memang banyak terjadi pelanggaran. Akan tetapi kami masih mengedepankan among roso dan sikap persuasif. Akan tetapi kedepan Satpol PP akan tetap melakukan koordinasi dengan pihak pemasang dan memberikan sosialisasi terkait kewajiban pembayaran pajak dan lokasi yang dibenarkan dalam pemasangan alat peraga sosialisasi tersebut," jelas Widi. (yun/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 21 Februari 2020 20:10 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Tuban mempunyai wisata edukasi baru berupa Taman Kelinci. Suasana Taman Kelinci yang terletak di tepi jalan Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban ini begitu adem, asri, dan sejuk, karena jauh dar...
Senin, 24 Februari 2020 14:06 WIB
Oleh : Firman Syah Ali*Pertama Kali saya berjumpa Habib Ahmad Bin Ismail Alaydrus pada tahun 2016 lalu di Majelis Ratib beliau di Kawasan Tapos Bogor. Waktu itu saya hadir Maulid Akbar diajak oleh kakak ipar beliau, Habib Usman Arsal Alhabsyi Jakarta...
Kamis, 20 Februari 2020 11:01 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALAyat kaji 80 ...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...