Rabu, 19 Februari 2020 13:16

Didemo LSM GMBI, Kepala DPUTR Gresik Pastikan Proyek Sesuai Prosedur

Senin, 25 November 2019 19:03 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Didemo LSM GMBI, Kepala DPUTR Gresik Pastikan Proyek Sesuai Prosedur
Massa LSM GMBI saat demo di depan Kantor DPUTR Gresik. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Ratusan massa Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) menggelar demo di Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Gresik, Senin (25/11).

Kedatangan mereka untuk menyampaikan protes terhadap pelaksanaan sejumlah proyek di lingkungan DPUTR. Mereka menduga, ada dugaan penyimpangan dan korupsi dalam sejumlah proyek, khususnya di wilayah Gresik Selatan.

Menurut koordinator LSM GMBI, Mashudin, pihaknya telah melakukan investigasi selama enam bulan terkait sejumlah proyek di DPUTR. Salah satunya, proyek jalan kabupaten di sepanjang jalur Kecamatan Cerme hingga Metatu Kecamatan Benjeng. Proyek tersebut terindikasi terjadi tindak pidana korupsi dan menyalahi aturan yang berlaku.

"GMBI menemukan proyek-proyek di Cerme-Metatu hingga Metatu-Benjeng terindikasi korupsi, penyelewengan, dan menabrak aturan yang berlaku, seperti K3 dan tanah hasil pengerukan yang dijual ke masyarakat. Juga sejumlah proyek lain yang kami curigai sama dalam pelaksanaannya," ungkapnya.

Sementara Kepala DPUTR Gunawan Setijadi menepis tudingan LSM GMBI adanya dugaan kasus korupsi pada sejumlah proyek di wilayah Gresik Selatan. Menurutnya, apa yang dituduhkan GMBI itu sangat tak berdasar dan menilai adanya misinformasi. 

"Saya rasa demo GMBI di Kantor DPUTR dipicu adanya kesalahpahaman tentang mekanisme pelaksanaan proyek di lingkup DPUTR," katanya.

Untuk itu, Gunawan meminta GMBI menyodorkan data rinci mengenai proyek yang terindikasi terjadi korupsi dan penyelewengan, sehingga nantinya bisa dipadukan dengan data yang dimiliki DPUTR.

Dia kemudian menyontohkan tudingan GMBI soal dugaan proyek pavingisasi yang tidak sesuai aturan. "Kalau proyek itu ada dugaan penyimpangan, kami bisa memperlihatkan dokumen kontraknya kepada GMBI," terangnya.

Namun demikian, Gunawan mengaku mengapresiasi langkah GMBI yang ikut memantau pelaksanaan proyek di lingkup DPUTR.  "Kami berterima kasih. Apa yang dilakukan teman-teman GMBI ini bisa membantu kami agar hasil kegiatan kami bisa selesai sesuai harapan masyarakat," pungkasnya. (hud/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 29 Januari 2020 22:31 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Mendengar kata Gunung Kelud, orang pasti membayangkan kedahsyatan letusannya. Sekali meletus, abu Gunung Kelud bisa menghentikan operasional beberapa bandara. Bahkan, bandara di Yogya pun harus berhenti beroperasi ketika Gu...
Senin, 17 Februari 2020 20:01 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanGus Sholah. Panggilan yang enak didengar. Sekaligus menyejukkan. Siapa pun yang pernah bertemu, berbincang – apalagi akrab. Pasti terkesan: santun, tawaddlu’, sederhana, egaliter dan moderat. Moderat sesungguhnya. Bukan ...
Rabu, 19 Februari 2020 12:00 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALTentang meru...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...