Rabu, 16 Juni 2021 04:33

Sambut Hari Guru, DJP Jatim II Gelar Pajak Bertutur Sasar Dunia Pendidikan

Jumat, 22 November 2019 22:47 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Mustain
Sambut Hari Guru, DJP Jatim II Gelar Pajak Bertutur Sasar Dunia Pendidikan
APRESIASI: DJP Jatim II memberikan penghargaan kepada 24 dosen, saat acara Patur 2019, Jumat (22/11). foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jatim II menggelar Pajak Bertutur (Patur) berupa gathering bersama 55 pimpinan Perguruan Tinggi (PT) di Aula Kantor DJP Jatim II, Jl Raya Juanda Sidoarjo, Jumat (22/11).

Puluhan perwakilan PT yang hadir tersebut, telah bekerja sama dengan DJP Jatim II tentang inklusi kesadaran pajak.

Sosialisasi tentang sadar pajak itu sekaligus dalam rangka memperingati Hari Guru yang jatuh pada 25 Nopember 2019.

Di acara ini, DJP Jatim II juga memberikan penghargaan kepada 24 Dosen Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU) dari 12 PT yang menjadi Kampus Piloting Inklusi Kesadaran Pajak pada tahun 2018.

BACA JUGA : 

Dua Pelaku Pemalsuan Faktur Pajak di Sidoarjo Dihukum Dua Tahun Penjara

Penegakan Hukum Hadapi Wajib Pajak Nakal, DJP Perkuat Sinergi dengan Polda Jatim

Siswa Asal Jatim Terbanyak, 110.459 Calon Mahasiswa Lolos SNMPTN 2021

Sowan Gus Ali, DJP Jatim II Ajak Tokoh Agama Dorong Kepatuhan Wajib Pajak

Plh Kepala Kanwil DJP Jatim II, Nyoman Ayu Ningsih menjelaskan, Patur 2019 bertujuan menumbuhkan awareness program Inklusi Kesadaran Pajak dalam pendidikan. "Sekaligus memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang Keuangan Negara serta cara memenuhi kebutuhan anggaran melalui pajak," cetus Nyoman Ayu Ningsih.

Nyoman menguraikan, DJP Jatim II melalui Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) Wilayah VII, bekerja sama dengan 103 PT di Jatim, untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya pajak kepada mahasiswa.

"Ratusan PT ini sudah memiliki komitmen sama. Semua akan menandatangani MoU (kerja sama) dengan Kanwil DJP Jatim II secara bertahap," beber Kabid P2Humas Kanwil DJP Jatim II ini.

Kata Nyoman, sasaran menggandeng para dosen dan rektor PT ini untuk menyiapkan mahasiswa sebagai generasi penerus yang sejak dini memahami pentingnya pajak untuk pembangunan bangsa.

"Kami ingin memberikan pemahaman tentang pentingnya pajak kepada generasi muda (mahasiswa dan pelajar). Karena mereka sebagai penerus bangsa yang harus memahami pentingnya dan manfaat pajak," urainya.

Tim Ahli Dikti VII Jatim, Prof Dr Tatik Suryani, pembicara dalam acara ini, menjelaskan berbagai macam metode pembelajaran yang dapat dilakukan dosen untuk para mahasiswa.

Salah satunya dengan menyelipkan materi tentang pajak di setiap mata kuliah yang disampaikan untuk para mahasiswa. Karena itu, para dosen yang hadir dalam acara Patur diberi bekal berbagai macam metode pembelajaran yang menarik.

"Pembelajaran menarik itu, bisa dengan menerjunkan langsung mahasiswa pada Wajib Pajak (WP) agar dapat belajar langsung secara cepat. Atau para mahasiswa praktek berhadapan langsung dengan masyarakat yang sedang mengurus pajak," tandas Guru Besar STIE Perbanas Surabaya ini.

Selain digelar oleh DJP Jatim II, acara Patur ini juga digelar di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) dan Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) di lingkungan Kanwil DJP Jatim II dengan sasaran 48 sekolah, terdiri 20 SMA, 15 SMP dan 13 SD/MI. (sta/ian)

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Selasa, 15 Juni 2021 06:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - RUU Pajak makin ramai dan kontroversial. Tapi suara fraksi-fraksi di DPR kali ini menolak. Alias tak mendukung rencana pemerintah.Apa benar ini karena Pilpres sudah dekat? Atau karena para pimpinan parpol belum dipan...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...