Jumat, 14 Agustus 2020 14:22

Sambut Hari Guru, DJP Jatim II Gelar Pajak Bertutur Sasar Dunia Pendidikan

Jumat, 22 November 2019 22:47 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Mustain
Sambut Hari Guru, DJP Jatim II Gelar Pajak Bertutur Sasar Dunia Pendidikan
APRESIASI: DJP Jatim II memberikan penghargaan kepada 24 dosen, saat acara Patur 2019, Jumat (22/11). foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jatim II menggelar Pajak Bertutur (Patur) berupa gathering bersama 55 pimpinan Perguruan Tinggi (PT) di Aula Kantor DJP Jatim II, Jl Raya Juanda Sidoarjo, Jumat (22/11).

Puluhan perwakilan PT yang hadir tersebut, telah bekerja sama dengan DJP Jatim II tentang inklusi kesadaran pajak.

Sosialisasi tentang sadar pajak itu sekaligus dalam rangka memperingati Hari Guru yang jatuh pada 25 Nopember 2019.

Di acara ini, DJP Jatim II juga memberikan penghargaan kepada 24 Dosen Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU) dari 12 PT yang menjadi Kampus Piloting Inklusi Kesadaran Pajak pada tahun 2018.

Plh Kepala Kanwil DJP Jatim II, Nyoman Ayu Ningsih menjelaskan, Patur 2019 bertujuan menumbuhkan awareness program Inklusi Kesadaran Pajak dalam pendidikan. "Sekaligus memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang Keuangan Negara serta cara memenuhi kebutuhan anggaran melalui pajak," cetus Nyoman Ayu Ningsih.

Nyoman menguraikan, DJP Jatim II melalui Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) Wilayah VII, bekerja sama dengan 103 PT di Jatim, untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya pajak kepada mahasiswa.

"Ratusan PT ini sudah memiliki komitmen sama. Semua akan menandatangani MoU (kerja sama) dengan Kanwil DJP Jatim II secara bertahap," beber Kabid P2Humas Kanwil DJP Jatim II ini.

Kata Nyoman, sasaran menggandeng para dosen dan rektor PT ini untuk menyiapkan mahasiswa sebagai generasi penerus yang sejak dini memahami pentingnya pajak untuk pembangunan bangsa.

"Kami ingin memberikan pemahaman tentang pentingnya pajak kepada generasi muda (mahasiswa dan pelajar). Karena mereka sebagai penerus bangsa yang harus memahami pentingnya dan manfaat pajak," urainya.

Tim Ahli Dikti VII Jatim, Prof Dr Tatik Suryani, pembicara dalam acara ini, menjelaskan berbagai macam metode pembelajaran yang dapat dilakukan dosen untuk para mahasiswa.

Salah satunya dengan menyelipkan materi tentang pajak di setiap mata kuliah yang disampaikan untuk para mahasiswa. Karena itu, para dosen yang hadir dalam acara Patur diberi bekal berbagai macam metode pembelajaran yang menarik.

"Pembelajaran menarik itu, bisa dengan menerjunkan langsung mahasiswa pada Wajib Pajak (WP) agar dapat belajar langsung secara cepat. Atau para mahasiswa praktek berhadapan langsung dengan masyarakat yang sedang mengurus pajak," tandas Guru Besar STIE Perbanas Surabaya ini.

Selain digelar oleh DJP Jatim II, acara Patur ini juga digelar di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) dan Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) di lingkungan Kanwil DJP Jatim II dengan sasaran 48 sekolah, terdiri 20 SMA, 15 SMP dan 13 SD/MI. (sta/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 12 Agustus 2020 20:53 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur panjang sekaligus meningkatkan bentuk pelayanan, KAI Daop 7 Madiun akan mengoperasikan dua KA Brantas, yakni KA 117 dan KA 118 relasi Blitar-Pasar Senen.Manajer Humas PT KAI Dao...
Kamis, 13 Agustus 2020 16:50 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo---Ketika HARIAN BANGSA mengontak untuk membahas pilkada 9 Desember 2020, saya sedang bersungguh-sungguh untuk menyuguhkan argumentasi mengenai krisis pangan yang akan mengancam, apabila negeri ini tidak mampu membang...
Kamis, 13 Agustus 2020 09:55 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...